DetikNews
Senin 29 April 2019, 16:03 WIB

Pajak Vespanya Disorot, Dahnil Balas Sindir Motor Jokowi

Danu Damarjati - detikNews
Pajak Vespanya Disorot, Dahnil Balas Sindir Motor Jokowi Foto ilustrasi: Sepeda motor Jokowi. (Ruly Kurniawan/detikcom)
Jakarta - Vespa Dahnil Anzar Simanjuntak disorot warganet karena pajak kendaraan bermotor dan STNK-nya sudah mati lima tahun lalu. Dahnil kini membandingkan dengan sepeda motor Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dahnil beranggapan kelengkapan surat dari sepeda motor Jokowi tidak jelas.

"Jokowi keliling pakai motor mahal dan baru tapi surat-surat dan kelengkapannya tidak jelas," kata Dahnil yang merupakan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ini, kepada wartawan, Senin (29/4/2019).

Dahnil menjelaskan, kelengkapan surat-surat dari sepeda motor tua adalah hal yang sulit diurus. Problem itu adalah hal yang biasa dihadapi oleh para pemilik vespa klasik seperti dirinya.


"Motor vespa tua itu rata-rata mengalami hal seperti itu, kesulitan mencari surat-suratnya apalagi beli rongsokan kemudian dimodifikasi. Butuh proses waktu pengurusan. Beda dengan koleksi motor besar mahal seperti punya Pak Jokowi," tutur Dahnil.
Pajak Vespanya Disorot, Dahnil Balas Sindir Motor JokowiDahnil Anzar Simanjuntak dan Vespa-nya. (Akun Twitter @Dahnilanzar)
Pajak dan STNK Vespa Dahnil disorot usai dia mengunggah foto di akun Twitter-nya, berisikan dia, anaknya, dan vespa tua itu. Dia hendak mengantarkan anaknya ke sekolah dengan mengendarai vespa itu. Dahnil mengaku hanya mengendarai Vespa itu dalam jarak dekat.

"Sekolah anak saya dekat, dekat rumah," kata Dahnil.


"Itu hanya kendaraan hobi, jarang digunakan, dan lebih banyak dipajang di kafe saya sebagai kendaraan antik," kata dia.

Vespa itu adalah Vespa Sprint 4 Speed 150 cc, tahun 1975. Pajak dan STNK Vespa itu sudah mati sejak lima tahun silam. Masa akhir pajak dan STNK adalah 20 Juli 2014. Dia sudah berusaha mengurus pajak itu.

"Sudah dong, tapi harus cari data pemilik di surat. Itu yang saya minta ke teman-teman saya di Solo (menelusuri pemilik Vespa itu sebagaimana tercantum di STNK)," kata Dahnil.

Soal sepeda motor Jokowi yang disinggung Dahnil, Jokowi sendiri sudah pernah menjelaskan. Sepeda motor Jokowi yang dimaksud adalah Royal Enfield yang dimodifikasi bengkel Elders Garage, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Sudah komplet. Kita beli juga sudah komplet. Platnya ada, STNK-nya ada, nomor mesin, sudah ada semua," kata Jokowi Jokowi kepada wartawan di halaman GOR Dempo, Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatra Selatan, Senin (22/1/2018) lalu.



(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed