DetikNews
Senin 29 April 2019, 12:58 WIB

Sungai Meluap, Kapuas Hulu Kalbar Banjir

Tim detikcom - detikNews
Sungai Meluap, Kapuas Hulu Kalbar Banjir Foto: Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir (Andhika-detikcom)
Kapuas Hulu - Sejumlah daerah di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir dari luapan sungai Kapuas. Luapan sungai disebabkan guyuran hujan beberapa hari terakhir.

Dilansir Antara, banjir mulai merendam sejumlah kawasan sejak Sabtu (27/4) sore sampai hari ini Senin (29/4/2019). Kedalaman air rata-rata satu hingga dua meter.

Ketua Tagana Kapuas Hulu, Hatta mengatakan dari hasil pantauan di lapangan yang terkena dampak banjir di antaranya daerah Temuyuk Kecamatan Bunut Hulu, Desa Tanjung Jati.





Kemudian daerah Teluk Barak Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Bika, Kecamatan Putussibau Utara, Kecamatan Embaloh Hilir dan Kecamatan Bunut Hilir serta sejumlah pesisir sungai Kapuas.

"Kondisi air memang sedikit surut, namun cuaca masih mendung sehingga dikhawatirkan air kembali naik," kata Hatta.

Tagana Kapuas Hulu, ujarnya terus memantau perkembangan air dan sejauh ini banjir yang terjadi masih tahap normal banjir seperti biasanya yang terjadi pada tahun - tahun sebelumnya.

Sementara itu, Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Rupinus mengatakan dari laporan yang diterima ada beberapa titik yang terdampak banjir terutama sejumlah dataran rendah termasuk di daerah Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara.




"Banjir juga kemarin terjadi di Kecamatan Badau dan sampai saat ini kami belum terima laporan perkembangannya," ujar Rupinus.

BPBD akan terus memonitor perkembangan banjir dan apabila terjadi sudah di atas normal, yakni ada rumah warga terendam dan aktivitas masyarakat lumpuh maka BPBD Kapuas Hulu akan turun ke lapangan.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed