DetikNews
Senin 29 April 2019, 10:43 WIB

Pastikan Naturalisasi Terus Berjalan, Anies Targetkan Selesai Akhir 2019

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pastikan Naturalisasi Terus Berjalan, Anies Targetkan Selesai Akhir 2019 Anies Baswedan saat mengecek Pintu Air Manggarai. (Fida/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan program naturalisasi sungai dan waduk masih terus berjalan. Anies menargetkan program tersebut selesai pada akhir 2019.

"Kita sedang dalam lima wilayah yang sedang dalam proses, mudah-mudahan akhir tahun ini selesai. Salah satunya adalah di koridor Kali Ciliwung, sampai dengan pintu air Istiqlal. Begitu kemudian juga di Kanal Banjir Barat. Juga ada percontohan dari proses ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Anies juga menjelaskan bahwa proyek sodetan Kali Ciliwung juga masih terus berjalan. Pihaknya masih berkomunikasi dengan warga terkait pembebasan lahan.


"Ya kemarin saya baru bicara dengan Pak Kepala BPN juga. Jadi nanti akan dilakukan komunikasi lebih jauh dengan masyarakat," sebutnya.

Anies mengatakan proses pembebasan lahan tidak sederhana. Aspek legalitas tanah warga menjadi salah satu penyebabnya.

"Karena detailnya itu tidak sesederhana putusan itu. Di situ ada soal kepemilikan yang harus dituntaskan kita bicara dengan warga lagi soal itu. Nanti abis itu baru bicara pengukuran," ucap Anies.

Seperti diketahui, naturalisasi sungai dicanangkan Anies pada awal tahun lalu. Program ini, disebutnya, akan mengembalikan fungsi sungai seperti aslinya.


"(Mengatasi banjir) salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," ungkap Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).

Anies pun tidak mau ada betonisasi dalam naturalisasi. "Anda tidak ketemu betonisasi. Karena yang kita lakukan adalah naturalisasi," sebutnya.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Rodia Renaningrum pada akhir 2018 mengatakan konsep naturalisasi tak berbeda jauh dengan normalisasi. Konsep naturalisasi tidak menggunakan turap tapi bronjong. Dia berharap penggunaan bronjong dapat mengembalikan ekosistem sungai dan waduk.

"Kalau naturalisasi itu bukan betonisasi. Pakainya batu bronjong, batu kali itu kan biota bisa hidup. cacing bisa masuk, ikan kecil bisa masuk," urai Rodia.



Saksikan juga video 'Antisipasi Banjir, Anies Fokus Naturalisasi Sungai':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed