detikNews
Senin 29 April 2019, 09:23 WIB

Anies Uji Coba Bus Listrik Transjakarta dari Balai Kota ke Bundaran HI

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Uji Coba Bus Listrik Transjakarta dari Balai Kota ke Bundaran HI Foto: Gubernur Anies Baswedan menguji coba bus Transjakarta listrik merek BYD, buatan China. (Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai menguj coba bus listrik milik Transjakarta. Anies mencoba bus tersebut dari Balai Kota ke Bundaran HI.

Anies ikut melakukan pengisian ulang bus sebelum diuji coba di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019). Anies didampingi oleh Dirut Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda Pemprov DKI Saefullah dan Plt Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko.

"Uji coba pertama yang unik kalau jalan nggak ada suaranya," kata Anies.



Terdapat tiga bus yang diuji coba. Tiga bus tersebut berasal China bermerek BYD.

Anies Uji Coba Bus Listrik Transjakarta dari Balai Kota ke Bundaran HIFoto: Gubernur Anies Baswedan menguji coba bus Transjakarta listrik merek BYD, buatan China. (Fida Ul Haq/detikcom)

"Saya pernah naik bus listrik. Tapi ini pertama kali saya naik bus listrik di Jakarta," sebut Anies.



Sebelumnya, Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph mengatakan bus yang akan diuji coba akan melewati rute-rute jalan protokol Rute bus listrik itu adalah kawasan perkantoran di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman, dan Jalan MH Thamrin.

"Konsentrasinya biasanya ada di Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Sudirman-Thamrin," jelas Daud, Senin (15/4).

Anies Uji Coba Bus Listrik Transjakarta dari Balai Kota ke Bundaran HIFoto: Gubernur Anies Baswedan menguji coba bus Transjakarta listrik merek BYD, buatan China. (Fida Ul Haq/detikcom)

Daud mengatakan uji coba akan dilaksanakan hingga enam bulan ke depan. Namun, bila tidak mendapat hasil yang memuaskan, uji coba akan dilanjutkan hingga 12 bulan.

"Awalnya kita merencanakan uji coba itu 6 bulan, namun apabila selama 6 bulan belum bisa didapatkan hasil yang meyakinkan atau memuaskan, kita bisa perpanjang sampai 12 bulan," terangnya.


Saksikan juga video 'Asyik! Mei 2019, Transjakarta Siap Uji Coba Bus Listrik':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed