DetikNews
Minggu 28 April 2019, 12:07 WIB

Saleh Husin Menjadi Ketua Majelis Wali Amanat UI

Danu Damarjati - detikNews
Saleh Husin Menjadi Ketua Majelis Wali Amanat UI Saleh Husin (Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin kini terpilih menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia periode 2019-2024. Dia terpilih mewakili kalangan masyarakat.

Sebagaimana keterangan pers yang diterima detikcom, Minggu (28/4/2019), Saleh mengaku bangga, terharu, sekaligus tertantang saat terpilih menjadi Ketua MWA UI. Dia terpilih seusai Rapat Paripurna Majelis Wali Amanat di Kampus UI Salemba, Rabu (24/4/2019).

"Bergabungnya wakil dari lapisan masyarakat, lintas disiplin, sekaligus beragam pemangku kepentingan ke dalam Majelis Wali Amanat diharapkan mampu mengawal langkah Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik Asean, termasuk mendorong lembaga ini semakin peka dan responsif terhadap beragam isu, tidak saja di lingkup kampus, tapi juga di masyarakat luas," ujar Saleh Husin.


Dia optimistis mampu melaksanakan tugas sebagai Ketua MWA UI melalui kerja kolektif serta melalui dukungan kekuatan jaringan para tokoh yang mendampinginya. Dia yakin UI akan makin baik melalui beragam kemitraan dengan pihak eksternal.

Saleh adalah pria kelahiran Rote, Nusa Tenggara Timur, 16 September 1963. Saleh adalah alumni Universitas Krisnadwipayana. Dia pernah menjadi anggota DPR dari Partai Hanura, dan menjabat Menteri Perindustrian RI pada 2014-2016.

Saleh Husin Menjadi Ketua Majelis Wali Amanat UIMajelis Wali Amanat Universitas Indonesia (Foto: Dok. UI)

Dilansir dari situs UI, Saleh terpilih melalui mekanisme voting, mengalahkan kandidat lainnya, yakni Erick Tohir dan Jonathan Tahir. Dari total 16 anggota yang hadir, Saleh unggul dengan perolehan 9 suara.


Anggota MWA baru masa periode 2019-2024 ini adalah Prof Bambang Brodjonegoro, Dr Corrina DS Riantoputra, Dr Fredy Buhama L Tobing, Dr Sri Mardiyati, Dr Sri Mulyani Indrawati, Prof Wiku Bakti Adisasmito, serta Dr Yosi Kusuma Eriwati sebagai perwakilan dosen.

MWA UI adalah organ UI yang mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat, dan kepentingan universitas. UI memiliki empat organ penting. Pertama adalah MWA, lalu Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik (SA), dan Eksekutif (rektor beserta jajarannya). MWA sendiri punya peran vital terkait masa depan UI. Karena itu, MWA melibatkan unsur pemerintah, masyarakat, dosen kepegawaian, dan mahasiswa.
(dnu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed