DetikNews
Sabtu 27 April 2019, 12:01 WIB

PKS: Banjir Jakarta Bukan Siapa Salah, tapi Cari Solusi

Ferdinan - detikNews
PKS: Banjir Jakarta Bukan Siapa Salah, tapi Cari Solusi Banjir di Rawajati, Jaksel, Jumat (26/4/2019) sore. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menyebut Pemprov DKI sudah berupaya menangani pencegahan banjir. Namun upaya ini disebut perlu dikoordinasikan dengan pemerintah pusat dan Bogor.

"Memang harus ada koordinasi pusat dan daerah untuk mengatasi banjir," kata Suhaimi saat dihubungi, Sabtu (27/4/2019).

Suhaimi menyebut Pemprov di bawah pimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan sudah bekerja. Namun dia memberi catatan soal proyek sodetan di Ciliwung dan KBT yang terkendala pembebasan lahan.





"Jakarta sudah berusaha semaksimal mungkin untuk got dibesarkan, pengerukan. Menurut saya, dalam konteks ini, jangan cari kambing hitam, salah-menyalahkan tapi (cari) solusi, yang berperan besar pemerintah pusat," ujarnya.

Suhaimi menyarankan pemerintah pusat turun tangan dalam koordinasi antara DKI dan Bogor untuk membuat perencanaan induk.

"Banjir itu bukan salahnya air, bukan salahnya hujan. Bukan salahnya DKI, bukan salah Bogor, tapi itu terjadi lama. Pemerintah pusat mengkoordinasikan itu semua sehingga terwujud sebuah planning induk untuk mengatasi banjir di DKI. Misal di Bogor, disekat di Bogor dibikin embung, itu akan mengurangi laju air ke Jakarta," katanya.





Saksikan juga video 'Penjelasan Anies soal 2 Waduk yang Bakal Jadi Solusi Banjir Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed