detikNews
Jumat 26 April 2019, 20:43 WIB

Polri Pastikan Delman Tak Beroperasi di Pasar Limbangan Garut Saat Mudik

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polri Pastikan Delman Tak Beroperasi di Pasar Limbangan Garut Saat Mudik Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Nagreg - Korlantas Polri memastikan tidak ada delman yang beroperasi di ruas Jalan Raya Limbangan Tengah, Kabupaten Garut tepatnya di depan Pasar Limbangan. Larangan delman itu berlaku selama 14 hari pada musim mudik lebaran tiba.

"Ya tadi andong (delman) juga disampaikan bahwa selama 14 hari operasi itu andong tidak beroperasi tetapi akan ada semacam kompensasi yang diberikan selama 14 hari itu," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri di Jalan Raya Lingkar Nagreg, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/4/2019).
Namun, Refdi tidak menjelaskan secara rinci kompensasi berupa apa yang diberikan untuk pemilik delman-delman itu. Refdi bersama rombongan Korlantas Sebelumnya meninjau Pasar Limbangan. Dalam tinjauanya itu ia terlihat berdiskusi dengan anggotanya yang bertugas di wilayah tersebut.

Jalur dua arah dan pasar yang ada di sisi kanan maupun kiri jalan ini adalah salah satu titik macet saat musim mudik tiba. Adanya delman juga berpotensi membuat kemacetan terjadi.
"Mudah-mudahan komitmen yang diberikan dan kompensasi yang diberikan kemudian pemilik andong-andong itu betul-betul tidak beroperasi pada saatnya," ungkap Refdi.

Sebelumnya, Refdi bersama jajaran Korlantas Polri telah selesai meninjau jalur mudik. Jalur mudik yang ditinjau ialah jalur Jakarta, Kalimalang, Bekasi, Pantura hingga Cirebon pada Kamis (25/4) lalu. Pada hari ini, Korlantas Polri juga sudah menyelesaikan peninjauan ruas arus mudik dari arah selatan yakni Cirebon, Brebes, Purwokerto, Banjar, Tasikmalaya dan ditutup meninjau jalur Nagreg, Bandung lalu rombongan kembali ke Jakarta.
(sam/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com