detikNews
Jumat 26 April 2019, 15:55 WIB

Banjir Genangi Pasar Jambu Dua Bogor, Pedagang Libur Massal

Tim detikcom - detikNews
Banjir Genangi Pasar Jambu Dua Bogor, Pedagang Libur Massal Foto: Ilustrasi banjir (Andhika-detikcom)
Bogor - Sejumlah pedagang di Pasar Jambu Dua Kota Bogor Jawa Barat terpaksa libur massal. Mereka tak bisa dagang karena lapaknya penuh lumpur akibat banjir sejak tadi malam.

"Ada dua blok yang yang terendam air setinggi dua meter, Blok A basement dan Blok B basement. Pedagang Blok A sudah mulai bisa berdagang, yang Blok B masih kita bersihkan dulu," kata Kepala Urusan Operasional Pasar Jambu Dua, Abu Sofyan, yang dikutip dari Antara, di Bogor, Jumat (26/4/2019).



Menurutnya, jumlah pedagang di Blok B basement Pasar Jambu Dua ini ada sebanyak enam pedagang. Terdiri dari berbagai jenis dagangan, mulai dari tempat makan warteg, hingga pedagang sayur.

Sedangkan di Blok A Basement jumlahnya lebih banyak, yaitu 25 pedagang, mayoritas dagangannya sembilan bahan pokok (sembako).



"Di Blok B basement ini memang sedikit pedagangnya, lebih banyak digunakan sebagai gudang. Karena pengalaman beberapa kali terendam banjir," kata Abu.

Meski begitu, kata dia, tidak ada barang dagangan yang terendam akibat meluapnya Sungai Ciliwung pasa Kamis malam. Para pedagang sudah mengantisipasi terlebih dahulu saat banjir pertama pukul 21.00 WIB ketika air masih setinggi mata kaki.

"Jam 21.00 WIB dagangan sudah dikeluakan karena banjir semata kaki. Tidak lama langsung surut, sudah dibersihkan malah tinggi lagi jadi dua meter," tuturnya.

Simak Juga 'Melihat dari Langit 'Gunung Sampah' di Pintu Air Manggarai':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com