Kapolda Jabar Dipromosikan Jadi Kabaintelkam, Irjen Condro Jadi Kabaharkam

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 26 Apr 2019 15:54 WIB
Ilustrasi/Gedung Mabes Polri/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dipromosikan menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Komjen Unggung Cahyono yang sebelumnya menjabat Kabaintelkam dimutasikan sebagai perwira tinggi (Pati) Baintelkam.

"Irjen Agung Budi Maryoto Kapolda Jabar diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaintelkam Polri," demikian isi surat telegram Mabes Polri yang dikutip detikcom.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan surat telegram mutasi Polri tersebut.

"Iya betul. Menggantikan yang purna tugas, serta selain itu promosi, tour of area, tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi," katanya saat dimintai konfirmasi.

Selain itu, Komjen Putut Eko Bayuseno, dimutasikan dari posisi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) sebagai perwira tinggi Irwasum Polri. Posisi Irwasum akan diisi Komjen Moechgiyarto yang saat ini menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Sedangkan posisi Kabaharkam akan dijabat oleh Irjen Condro Kirono yang saat ini menjabat Kapolda Jawa Tengah (Jateng).

Dalam TR yang ditandantangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri, disebutkan juga Kepala Biro Pembinaan dan Operasional (Karobinopsnal) Bareskrim Polri Brigjen Nico Afinta diangkat menjadi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri.

Posisi Dirtipidum saat ini dijabat Brigjen Herry Rudolf Nahak yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Papua Barat. (fdn/fdn)