detikNews
Jumat 26 April 2019, 12:35 WIB

Antisipasi Kerawanan Pascapencoblosan, TNI-Polri Gelar Apel Konsodilasi

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Antisipasi Kerawanan Pascapencoblosan, TNI-Polri Gelar Apel Konsodilasi Foto: Adhi Indra Prasetya
Jakarta - Polda Metro Jaya memetakan kerawanan yang terjadi pascapemungutan suara. Untuk menjaga situasi tetap kondusif hingga pemilu usai, TNI-Polri menggelar apel konsolidasi.

Apel konsolidasi digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 08.00 WIB, Jumat (25/4). Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Edy Pramono, Pangdam jaya Mayjen Eko Margiyono, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan dan Dandim 0501/ JP BS Letkol (Inf) Wahyu Yudhayana.

Apel konsolidasi diisi dengan kegiatan tactical wall game (TMG) dan tactical floor game (TFG). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesiapsiagaan personel di lapangan.

"Itu adalah bagaimana kita menempatkan pasukan pada titik-titik yang rawan, kemudian bagaimana pergeserannya," ucap Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Edy Pramono di lokasi, Jumat (25/4/2019).



Gatot mengatakan, pihaknya juga mengantisipasi potensi kerawanan dari mulai skala kecil hingga besar. Dengan adanya apel konsolidasi ini, diharapkan petugas mengetahui bagaimana cara bertindak di lapangan.

"Jadi pengamanan kita lakukan, sudah kita siapkan semua. Kalau eskalasinya biasa, berapa jumlah pasukannya kita sudah siapkan, tapi kalau eskalasinya meningkat, kita juga sudah siapkan jumlahnya," ucapnya.

Tahapan pemilu masih berlangsung. Sejulah objek vital seperti KPU, Bawaslu, DPR menjadi fokus pengamanan polisi.

Dalam Operasi Mantap Brata ini Polda Metro Jaya mengerahkan 7.800 personel. Selain mengamankan kegiatan dalam pentahapan pemilu, petugas juga melakukan pengamanan di beberapa tempat rawan.



Simak Juga 'Polres Metro Jakbar Gelar Deklarasi Damai Pasca-Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed