DetikNews
Jumat 26 April 2019, 10:34 WIB

Anies soal Banjir Jakarta: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies soal Banjir Jakarta: Tidak Ada Hujan, Kita Terima Air dari Hulu Banjir di salah satu RW di Pejaten Timur. (Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui daerah yang terendam air saat ini adalah daerah langganan banjir. Anies mengatakan genangan tersebut diakibatkan oleh kiriman air dari hulu Sungai Ciliwung.

"Di tempat itu, tidak ada hujan sebetulnya mereka itu, kita ini menerima air dari hulu ketika di sana hujannya keras," kata Anies di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Anies mengatakan telah memerintahkan semua wali kota memantau daerahnya. Menurutnya, semua wali kota saat ini sedang bekerja memantau banjir.

"Pagi ini kalau Anda lihat lagi dari papan wakil, nggak ada wali kota, nggak ada. Karena semua sedang bekerja di lapangan untuk bersiaga menghadapi air kiriman dari hulu," jelas Anies.

Anies menuturkan pihaknya sudah bersiaga sejak semalam. Seluruh petugas terkait sudah bersiaga untuk mengantisipasi siaga I Bendungan Katulampa.


"Tadi malam sekitar pukul 09.00 di Katulampa sudah siaga I. Seluruh petugas kita sejak malam sudah bekerja di lapangan untuk mengantisipasi datangnya air kiriman dari hulu," sebutnya.

Anies mengatakan solusi banjir tersebut adalah pembangunan bendungan. Dia mengatakan bendungan selesai pada tahun ini.

"Kita membangun dry dam di hulu ada 2 bendungan yang sekarang dibangun. Insyaallah bendungan selesai tahun ini," jelasnya.



Simak Juga 'Penampakan Banjir Rendam Perumahan di Kampung Melayu':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed