DetikNews
Kamis 25 April 2019, 12:58 WIB

Mardani Tak Tahu, Ini Kata Elite PAN soal Lokasi Real Count BPN

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Mardani Tak Tahu, Ini Kata Elite PAN soal Lokasi Real Count BPN Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay (tengah). (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Klaim hasil real count BPN terus digaungkan, namun lokasi penghitungannya disembunyikan. Sebenarnya di mana lokasi real count BPN yang diklaim memperlihatkan kemenangan Prabowo-Sandiaga?

Wakil Ketua BPN yang juga Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mengaku betul-betul tidak tahu lokasi real count BPN. Sementara juru debat BPN yang juga Wasekjen PAN, Saleh Partaonan Daulay, tak menjawab lugas saat ditanya soal lokasi real count kubunya.

"Di BPN ada divisi yang bertugas mengurus real count internal. Saya kebetulan tidak ditugaskan di bagian itu. Tetapi saya yakin proses penghitungan real count pasti sedang dilakukan," kata Saleh kepada wartawan, Kamis (25/4/2019).

"Saat ini, saya ditugaskan partai untuk mengawasi dan mengawal suara partai di daerah. Saya juga harus berkoordinasi dengan teman-teman di daerah dalam konteks yang sama," imbuhnya.


Saleh meminta publik merujuk pada jawaban Waketum Gerindra Fadli Zon. Menurut dia, Fadli sudah menunjukkan lokasi real count BPN.

"Saya kira BPN sudah berterus terang. Fadli Zon sudah memberi tahu salah satu tempatnya. Saya kira itu bentuk keterbukaan pada publik," ujarnya.

Selain mengurus real count, kata Saleh, BPN mencermati berbagai dugaan pelanggaran pemilu. BPN sedang mengumpulkan bukti-bukti.

"BPN dan relawan-relawan di daerah juga diminta untuk melaporkan bukti-bukti pelanggaran yang mereka temukan," ujarnya.


Sebelumnya, anggota Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, mengatakan masalah keamanan menjadi alasan mengapa lokasi tabulasi penghitungan suara nomaden dan dirahasiakan. Namun Fadli memastikan Kertanegara menjadi salah satu lokasi tabulasi.

"Ada, ada di beberapa tempat. Di Kertanegara ada, di DPP (DPP Partai Gerindra) ada pengumpulan-pengumpulan C1 dan bukti-bukti," ujar Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4).

Dicek ke DPP Gerindra, Jl RM Harsono, Ragunan, Jaksel, Rabu (24//4), sekitar pukul 16.00 WIB, tak ada kegiatan di kantor itu. Parkiran terlihat sepi, begitu juga bagian dalam gedung.

Salah seorang petugas yang berjaga mengatakan tak ada kegiatan real count di sana. Dia juga mengatakan tak pernah ada pengumpulan formulir C1.


Saksikan juga video 'Update Real Count Pilpres 2019!':

[Gambas:Video 20detik]


(tor/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed