DetikNews
Kamis 25 April 2019, 12:17 WIB

Diserahkan ke Jaksa, Ramyadjie Priambodo Pakai Penutup Muka

Matius Alfons - detikNews
Diserahkan ke Jaksa, Ramyadjie Priambodo Pakai Penutup Muka Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Diserahkan ke Jaksa, Wajah Ramyadjie Priambodo Ditutup Sebo

Penyidik Polda Metro Jaya menyerahkan tersangka kasus skimming ATM Ramyadjie Priambodo ke kejaksaan. Ramyadjie dikirim ke kejaksaan dengan pengawalan ketat polisi.

"Setelah penelitian oleh jaksa kemudian dinyatakan lengkap baik itu syarat formil maupun materil, makanya pada Kamis 18 April 2019 berkas dinyatakan lengkap atau P21," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Setelah berkas dinyatakan lengkap, tahap berikutnya adalah pelimpahan tahap 2. Dalam tahap 2 ini, tersangka dan barang bukti diserahkan oleh polisi ke jaksa penuntut umum.

"Selanjutnya tanggung jawab penyidik adalah serahkan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan, hari ini," lanjutnya.



Pantauan detikcom, Ramyadjie digiring keluar dari ruang penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada pukul 11.19 WIB. Sebelum dibawa ke kejaksaan, Ramyadjie diperiksa kesehatannya di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Metro Jaya.

Setelah dinyatakan kondisinya sehat, Ramyadjie kemudian dibawa ke kejaksaan. Ramyadjie mengenakan baju tahanan dan wajahnya ditutup sebo saat keluar dari ruang penyidik.

Ramyadjie ditangkap polisi di sebuah apartemen di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada 26 Februari 2019. Polisi menangkapnya setelah menyelidiki laporan dari pihak bank yang menjadi korban pembobolan rekening.

Modus pembobolan rekening yang dilakukan Ramyadjie adalah dengan skimming. Dia memperoleh data-data nasabah dari sebuah komunitas di deep web.

Dari tangan tersangka, polisi menyita berbagai barang bukti, dari kartu-kartu ATM hingga mesin ATM. Argo mengatakan penyidik menerapkan pasal berlapis terhadap Ramyadjie. Tidak hanya dikenai UU ITE karena mengakses data orang lain, Ramyadjie juga dikenai pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU).



Simak Juga "Gerindra Akui Ramyadjie Pembobol ATM Kerabat Prabowo":

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed