DetikNews
Rabu 24 April 2019, 18:51 WIB

Salah Ketik Data C1 TPS 07 Cilowong, Prabowo Kelebihan 600 Suara

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Salah Ketik Data C1 TPS 07 Cilowong, Prabowo Kelebihan 600 Suara Foto: Ilustrasi surat suara Pilpres 2019 (Rifkianto Nugroho-detikcom).
Serang - Kejanggalan formulir C1 di Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) terjadi di TPS 07 Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Ada kelebihan suara untuk pasangan Capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebanyak 784 suara.

Dari data yang tertera di Situng, di TPS 07 Cilowong total jumlah suara sah dan suara tidak sah sebanyak 252 suara. Pasangan Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat 57 suara dan Prabowo-Sandiaga tercatat mendapat 784. Sedangkan setiap TPS maksimal terdapat 300 orang pemilih.

"Ini sepertinya salah ketik kemungkinan dari operator. Tapi kemudian sudah diperbaiki langsung ke pusat (KPU RI)," kata Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran saat dikonfirmasi detikcom di Banten, Rabu (24/4/2019).

Data C1 TPS 07 Cilowong Tak Sesuai di Situng, KPU Serang: Salah KetikFoto: Tangkapan layar data C1 TPS 07 Cilowong yang salah input ke Situng KPU.

Ia menjelaskan, usulan agar diperbaiki sudah disampaikan dan tinggal menunggu hasil perbaikan. Ia menjelaskan, KPU dan operator tidak ada niat untuk menggelembungkan suara salah satu calon.


Kejadian serupa juga pernah terjadi pada kemarin di TPS 21 Banjar Agung, Cipocok Jaya. Saat itu, terjadi kesalahan input untuk pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf. Tapi, data langsung diperbaiki operator dan KPU.

"Kita tidak sedikitpun ada hal seperti untuk menggelembungkan suara atau menambah suara," tegasnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih jika ada publik yang menemukan adanya kesalahan. Ini sebagai upaya saling mengingatkan dan saling koreksi.

(Judul diubah setelah KPU memperbaiki kesalahan penulisan data)
(bri/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed