Wiranto: 139 Petugas Pemilu Meninggal Saat Bertugas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 24 Apr 2019 13:12 WIB
Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat pasca-pencoblosan Pemilu 2019. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menyebut sebanyak 139 orang petugas pemilu meninggal saat bertugas. Wiranto mengapresiasi para petugas yang mengawal proses demokrasi.

"Kita sangat menyesalkan telah menimbulkan korban di antara petugas, sebanyak 139 orang yang meninggal dalam tugas. Kita mendoakan agar arwah para pahlawan demokrasi ini dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ujar Wiranto dalam jumpa pers seusai Rakorsus Pasca-Pemungutan Suara Pemilu 2019 di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Meski pemilu serentak 2019 punya tingkat kesulitan tinggi, Wiranto menyebut, pelaksanaannya berjalan aman, lancar, dan damai. Pelaksanaan pemilu serentak, menurutnya, mendapat apresiasi dari dunia internasional.


"Kita dengan apresiasi itu seharusnya memberikan penghargaan dan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, petugas keamanan yang telah melakukan usaha sehingga menghasilkan kondisi aman, lancar, dan damai," imbuhnya.

Pelaksanaan pemilu serentak juga ditegaskan Wiranto berjalan sesuai dengan aturan. Pemerintah tidak pernah mengintervensi pelaksanaan pemilu.

"Untuk melanjutkan keterbukaan dan kenetralannya, KPU telah melakukan penghitungan secara transparan dan perkembangannya, hasilnya, dapat diakses semua pihak siapa pun setiap hari. Artinya, semua yang direncanakan, dilaksanakan saat ini sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," kata dia.


Saksikan juga video 'Kelelahan, Saksi di TPS Sulawesi Selatan Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)