5 Fakta Aceng Fikri yang Gempar Nikah Lagi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Apr 2019 12:04 WIB
5 Fakta Aceng Fikri yang Gempar Nikah Lagi/Foto: Lamhot Aritonang
5 Fakta Aceng Fikri yang Gempar Nikah Lagi/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Aceng Fikri menikah lagi dengan perempuan yang berusia terpaut 16 tahun dengan dirinya. Siapa Aceng Fikri? Ini dia faktanya.

Aceng lahir di Garut, Jawa Barat, pada 6 September 1972. Saat ini dia berumur 46 tahun.

Berikut fakta Aceng Fikri.



1. Mantan Bupati Garut

Aceng Fikri adalah bupati Garut yang menjabat dari 2009 hingga 2013. Dia terpilih setelah memenangi Pilkada Garut 2008 dalam dua putaran sebagai calon independen bersama Diky Candra, mengungguli kandidat dari PDIP-Partai.

2. Kawin Singkat Pertama

Aceng Fikri menjadi populer pada 2012 karena kasus kawin singkat empat hari. Dia menikah lagi secara siri dengan seorang gadis berusia 18 tahun dengan mengaku sebagai duda. Gadis bernama Fani Oktora itu kemudian diceraikan empat hari kemudian. Alasannya karena sang gadis disinyalir tidak perawan lagi setelah malam pertama mereka. Sang istri siri itu diceraikan Aceng hanya melalui pesan singkat. Pada 3 Desember 2012, Aceng sepakat berdamai dengan Fani.

3. Kawin Singkat Kedua

Aceng Fikri lalu kembali tersandung kasus pernikahan singkat. Kali ini, seorang wanita di Karawang, Jawa Barat, bernama Shinta Larasati mengaku dinikahi Aceng dengan usia pernikahan 2 bulan. Tapi cinta Aceng tak lama. Dia akhirnya memberikan surat talak atau cerai pada Shinta bulan Juni 2011. Lewat pesan blackberry messenger, talak itu dilayangkan. Tak jauh berbeda dengan Aceng yang menceraikan FO di Garut lewat SMS dengan alasan tidak perawan lagi. Menurut Aceng, isu menikah dengan Shinta, gadis Karawang hanyalah sebatas black campaign karena saat itu Garut akan menggelar Pilkada.

Akibat kasus pernikahan singkat ini, Aceng Fikri menjadi pejabat terpilih langsung pertama yang dimakzulkan secara paksa pada tanggal 1 Februari 2013. Partai Golkar menyatakan bahwa Aceng sudah dipecat dari kepengurusan Golkar.

Pada 25 Februari 2013 Gubernur Jawa Barat saat itu Ahmad Heryawan memberikan surat pemakzulan dari Kementerian Dalam Negeri kepada Aceng. Sejak saat itu Aceng resmi tidak menjadi Bupati Garut.


4. Berseteru dengan Dicky Candra

Pada September 2011, wakilnya saat menjabat bupati Garut, Diky Candra menyampaikan pengunduran diri karena ketidakharmonisan hubungan dengannya. Diky menilai Aceng Fikri telah mengkhianatinya dengan masuk ke Partai Golkar dan menjabat sebagai wakil ketua DPD Jabar dari partai tersebut. Sebelum pilkada, Diky dan Aceng berjanji untuk tidak membawa politik dalam jabatan pemerintahan mereka.

5. Menikah Lagi

Terbaru, Aceng Fikri menikah lagi untuk yang ketiga kalinya. Kali ini, Aceng diketahui menikahi mojang asal Kota Bandung. Aceng menikahi perempuan yang usianya terpaut 16 tahun dengannya.

Wanita yang dipersunting Aceng disebut-sebut bernama Siti Elina Rahayu, mojang asal Kota Bandung berusia 30 tahun. Aceng kini berusia 46 tahun.

"Siti, orang Bandung. Umur 30 tahun," ujar salah seorang kerabat Aceng, Aceng Wahyu (51) kepada wartawan via pesan singkat, Senin (22/4/2019).

Resepsi pernikahan Aceng dan Siti dihelat di kediaman Aceng, Kampung Copong, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Minggu (21/4).

Pernikahan Aceng digelar ramai bak pesta rakyat. Diketahui tidak ada satu pun pejabat yang datang. Undangan hanya sebatas masyarakat setempat. Wahyu mengatakan Aceng telah 6 tahun berstatus duda. (nwy/van)