ADVERTISEMENT

Tabrak Mahasiswa, Oknum Polisi Palangka Raya Diduga Lelah Usai Pantau Pemilu

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Apr 2019 11:13 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Palangka Raya - Oknum polisi yang menabrak sejumlah mahasiswa hingga 3 orang tewas kini masih diperiksa. Oknum polisi berinisial MH itu disebut kelelahan usai pulang memantau Pemilu.

"Sekarang ini tahap pemeriksaan terhadap yang bersangkutan di Polres Palangka Raya," kata Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Hendra Rochmawan seperti dilansir Antara, Rabu (24/4/2019).

Oknum perwira Polres Palangka Raya itu diberhentikan sementara dari tugas dan jabatannya. Untuk sementara, tugasnya dipegang oleh Kapolres dan Wakapolres Palangka Raya.

"Hal itu sebagai upaya memberikan kepada yang bersangkutan agar fokus menjalani pemeriksaan terlebih dahulu," tambah Hendra.



Hendra mengatakan kecelakaan di Jalan Yos Sudarso tersebut diduga karena faktor kelelahan yang dialami oknum polisi itu. Selama tiga hari sebelum terjadinya kecelakaan tersebut, oknum polisi itu selalu berkeliling memantau tahapan dan pelaksanaan pemilihan umum 2019 di Kota Palangka Raya.

Hendra mengatakan karena rasa tanggung jawab besar, oknum polisi tidak lagi terlalu memikirkan istirahat yang cukup. Alhasil secara secara fisik dan psikologi menjadi terganggu, sehingga mengkibatkan musibah terjadi.

"Rangkaian pengamanan Pemilu 2019 yang terdiri dari presiden/wakil presiden, dan legislatif itu sangat melelahkan dan menyita perhatian, baik fisik maupun psikologi oleh pihak pengamanan dan petugas," beber dia.



Hendra mengatakan seluruh aparat kepolisian di Provinsi Kalteng, khususnya oknum perwira serta Kapolres Palangka Raya turut merasakan kesedihan terhadap meninggalnya tiga mahasiswa tersebut. Polisi juga memberikan bantuan.

"Kapolres Palangka Raya juga turut memberikan bantuan dan penanganan sejak awal kepada para korban, baik yang meninggal dan masih di rawat di rumah sakit," ujar Hendra.

Sebelumnya diberitakan, peristiwa kecelakaan lalu lintas itu terjadi pada Minggu (21/4) malam sekitar pukul 23.00 WIB di kawasan Jalan Yos Sudarso. Tiga korban tewas adalah mahasiswa yang bernama Syahril Malau (22), Riston Pangaribuan (21) dan Lamtio Simatupang. (imk/fdn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT