DetikNews
Rabu 24 April 2019, 10:08 WIB

TKN: Pada Saatnya Pasti Ada Pertemuan Langsung Jokowi-Prabowo

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN: Pada Saatnya Pasti Ada Pertemuan Langsung Jokowi-Prabowo Prabowo saat bersama Jokowi. (Instagram/@prabowo)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno berharap capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto dapat bertemu tanpa perantara. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengatakan pertemuan itu pasti akan terjadi pada saat yang tepat.

"Pada saatnya pasti akan ada pertemuan langsung antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo pada saat yang tepat," ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Rabu (24/3/2019).


Ace mengatakan, merajut komunikasi dan silaturahmi memang merupakan keinginan Jokowi. Namun, menurutnya, penting juga adanya kesepahaman sebelum hal itu direalisasi.

"Keinginan Pak Jokowi itu adalah perlu adanya komunikasi dan merajut kembali silaturahmi. Komunikasi antar-pemimpin sangat penting untuk dijalin untuk menghindari eskalasi ketegangan di antara para pendukung," tuturnya.

"Komunikasi dan silaturahmi itu penting. Namun kan perlu ada kesepahaman terlebih dahulu. Ini penting agar suasana lebih cair dan lebih kekeluargaan," imbuh Ace.


Menurut politikus Partai Golkar itu, yang terpenting saat ini adalah kewajiban semua pihak untuk menciptakan suasana yang kondusif dan damai. Hal itu untuk meredam suasana 'panas' lantaran perbedaan-perbedaan yang timbul karena pilpres.

"Yang terpenting kan sebetulnya adalah kita semua berkewajiban untuk menciptakan suasana yang kondusif, adem, dan tenang pasca-pemilihan 17 April 2019. Masyarakat jangan diprovokasi dengan pernyataan-pernyataan yang dapat menimbulkan ketegangan," kata Ace.

"Kami sangat percaya Pak Prabowo memiliki kelapangan hati untuk berkomunikasi dengan Pak Jokowi dengan sama-sama memiliki komitmen untuk menjaga stabilitas politik, menciptakan suasana kondusif, dan melakukan cara-cara konstitusional dalam menyelesaikan perbedaan-perbedaan politik pasca pemilihan pilpres ini," sambung dia.


Sebelumnya, Sandiaga berharap Jokowi dan Prabowo dapat bertemu tanpa perantara. Sandiaga menyebut akan sangat baik bila keduanya bertemu tanpa perantara.

Sandiaga mengatakan, bila Prabowo bertemu dengan utusan Jokowi atau melalui perantara, hal itu tidak akan efektif. Menurutnya, masyarakat akan menunggu kedua capres bertemu.

"Intinya silaturahmi itu baik, saya yakin di tingkat pimpinan Pak Prabowo dan Pak Jokowi itu alhamdulillah, jadi bisa dilaksanakan, akan sangat baik dan tanpa perantara-perantara menurut saya, karena Pak Prabowo dan Pak Jokowi adalah dua capresnya," kata Sandiaga di Masjid Jami At-Taqwa Sriwijaya, Jl Sriwijaya Raya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4).

Saksikan juga video 'Sandi: Akan Sangat Baik Jokowi-Prabowo Bertemu Tanpa Perantara':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed