DetikNews
2019/04/23 17:48:08 WIB

Buka Rakorbangnas, Kepala BMKG Bicara Ancaman di Pantai Utara Jakarta

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 1 dari 3
Buka Rakorbangnas, Kepala BMKG Bicara Ancaman di Pantai Utara Jakarta Foto: Kepala BMKG Dwikorita (Lisye-detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati membuka Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional (Rakorbangnas) dengan beberapa kementerian dan lembaga. Menutunya Rakorbangnas dengan tema 'One Observation Policy' bertujuan untuk menyinkronkan data observasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) untuk mitigasi bencana.

Dikatakan Dwikorita, planet bumi selama beberapa tahun terakhir mendapatkan perhatian khusus akibat dampak perubahan iklim global. Hal ini juga berdampak pada peningkatan aktivitas seismik di Indonesia.

"Data menunjukan bahwa planet bumi kita sudah makin perlu mendapatkan perhatian lebih, terutama akibat dari dampak perubahan iklim global dan bahkan juga beberapa tahun terakhir ini terdata adanya fenomena peningkatan aktivitas seismik di Indonesia," ujar Dwikorita di Gedung BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).



Berdasarkan data yang diperoleh BMKG, kata Dwikorita selain perubahan iklim global, cuaca ekstreme juga meningkatkan terjadinya fenomena alam.

"Selain itu karena dampak perubahan iklim global, kejadian cuaca ekstrim yang bersifat merusak juga mengalami peningkatan dari data yang kami catat," kata dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed