DetikNews
Selasa 23 April 2019, 16:29 WIB

MUI Dukung Jokowi-Prabowo Bertemu: Untuk Hilangkan Salah Sangka

Zakia Liland Fajriani - detikNews
MUI Dukung Jokowi-Prabowo Bertemu: Untuk Hilangkan Salah Sangka Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi. (Foto: Zakia Liland Fajriani/detikcom)
Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI)) mengapresiasi adanya dorongan Joko Widodo (Jokowi)-Prabowo Subianto untuk bertemu. MUI menilai, jika pertemuan itu terealisasi dapat mendinginkan suasana pasca Pemilu 2019.

"Kami juga tadi dalam rapat pimpinan mengapresiasi adanya semacam keinginan dari berbagai pihak untuk agar para elit politik ini khususnya Pak Jokowi dan Pak Prabowo bisa bertemu silahturahmi agar bisa mendinginkan suasana di masyarakat begitu," ujar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).



MUI juga merencanakan untuk mempertemukan ormas-ormas Islam. Zainut menyebut pertemuan itu forum ukhuwah Islamiah, di mana tujuannya yakni menjalin silaturahmi nasional yang dipimpin seluruh pimpinan ormas Islam.

Harapannya, pertemuan itu akan menghilangkan salah sangka antar umat dan mempersatukan bangsa. Pertemuan itu direncanakan digelar awal bulan Mei.

"Kita harapkan dalam silahturahmi nasional itu bisa merajut kembali ukhuwah kita, bisa menghilangkan salah sangka dan juga kita kembali menjadi masyarakat yang bersatu tidak terjadi perpecahan di antara kita," jelas Zainut.



Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap ada pertemuan antara Jokowi dan Prabowo pasca pemilu. Menurut dia, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo sangat penting untuk mendamaikan kembali masyarakat yang sempat terbelah di Pilpres 2019.

"Itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu. Pentingnya bahwa kalau di atas sudah bersatu, di bawah juga akan ikut bersatu," kata JK di kediamannya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (22/4).
(idn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed