detikNews
Senin 22 April 2019, 16:53 WIB

BPN Beberkan Dugaan Kecurangan yang Akan Dibawa ke Bawaslu

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
BPN Beberkan Dugaan Kecurangan yang Akan Dibawa ke Bawaslu BPN Prabowo membeberkan sejumlah hal yang dianggap sebagai kecurangan di Pemilu 2019. (Foto: Marlinda Octavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membeberkan bukti-bukti dugaan kecurangan di Pemilu 2019. Bukti tersebut mulai dari video surat suara yang tercoblos hingga perbedaan data C1 dengan website KPU.

"Kami dari BPN akan menunjukkan apa yang terjadi di Pemilu 2019 kemarin. Kami mengumpulkan bukti kecurangan yang terjadi yang kami temukan," ujar Direktur Kampanye BPN Prabowo-Sandiaga Sugiono saat jumpa pers di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (22/4/2019).


"Kami tidak bisa menunjukkan semua bukti karena ada ribuan. Tapi kami akan tunjukkan beberapa," imbuh dia.

Bukti pertama yang dibeberkan adalah video yang menunjukkan surat suara telah tercoblos paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Kejadian itu, kata Sugiono, terjadi di berbagai wilayah, seperti di Banyuwates Jawa Timur, Bekasi Jawa Barat, hingga Tangerang Banten.

Bukti kedua yakni adanya petugas KPPS yang mencoblos surat suara saat pemungutan berlangsung yang disebut terjadi di Selo Boyolali. Kemudian adanya petugas KPPS yang juga mencoblos surat suara saat penghitungan surat suara dilakukan yang disebut terjadi di Bekasi.

Kemudian kasus surat suara tercoblos di Malaysia. Selain itu ada juga bukti kotak suara untuk Pilpres yang tidak tersedia di TPS hingga kotak suara yang tidak tersegel. Terakhir bukti yang diperlihatkan adalah perbedaan hasil penghitungan suara di form C1 dengan website real count KPU.


Sugiono pun menegaskan akan membawa bukti-bukti tersebut ke KPU dan Bawaslu. Waketum Gerindra itu juga mengatakan persoalan ini juga sebelumnya telah dilaporkan ke Bawaslu dan KPU melalui surat.

"Kami ingin meyakinkan kalian bahwa kami tetap akan memenangkan pemilihan ini. Dan kami akan membawa bukti-bukti ini ke Bawaslu. Sampai hasil final keluar. Dan kami masih akan terus mengumpulkan bukti-bukti," kata Sugiono.
(mae/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed