DetikNews
Senin 22 April 2019, 13:13 WIB

10-11 Kotak Suara Terbakar dalam Kebakaran Gudang KPU di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
10-11 Kotak Suara Terbakar dalam Kebakaran Gudang KPU di Sumbar Gudang logistik penyimpanan kotak suara yang terbakar (Foto: dok istimewa)
Padang - Tidak semua kotak suara yang disimpan di gudang yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) hangus terbakar. Informasi sementara yang didapat KPUD Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan ada sekitar 10 hingga 11 kotak suara yang dilalap api.

"Tidak semua yang terbakar karena proses rekap berlangsung di dua tempat terpisah," ucap Ketua KPUD Kabupaten Pesisir Selatan, Epaldi Bahar, saat dimintai konfirmasi, Senin (22/4/2019).




"Kami belum bisa memastikan tapi informasi awal dari anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) ada 10 sampai 11 kotak suara (yang terbakar)," imbuh Epaldi.

Dia mengatakan total kotak suara dari PPK Koto XI Tarusan berjumlah 785 kotak suara. Sedangkan dari 10-11 kotak suara yang disebut terbakar itu disebut Epaldi belum diketahui apakah kotak suara untuk Pilpres atau Pileg.

"Belum bisa dipastikan apakah kotak suara presiden atau DPD, DPR RI atau lainnya. Yang terbakar belum direkap," katanya.




Yang pasti menurut Epaldi, kotak-kotak suara yang turut terbakar itu sudah direkapitulasi. Proses rekapitulasi tingkat kecamatan disebut Epaldi dilakukan secara paralel di dua lokasi yaitu di kantor kecamatan dan di aula.

"Aula itu kan digunakan untuk rekap dan kami ada rekap ada dua lokasi secara paralel. Yang di aula ini lebih dahulu selesai, setelah selesai malam jam 12 dibersihkan dicek semua lalu dikunci. Nah dikunci dan teman-teman sebagian meninjau di sebelahnya dan di situlah kejadian (kebakaran) tapi dapat segera dipadamkan," kata Epaldi.


Tonton Juga 'Gudang Penyimpanan Kotak Suara di Pesisir Selatan Sumbar Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini



(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed