DetikNews
Senin 22 April 2019, 09:57 WIB

2 Petugas KPPS di Sumsel Meninggal Kelelahan Saat Hitung Surat Suara

Raja Adil Siregar - detikNews
2 Petugas KPPS di Sumsel Meninggal Kelelahan Saat Hitung Surat Suara Foto: Ilustrasi pemungutan suara (dok. detikcom)
Palembang - KPU Sumatera Selatan telah menerima laporan adanya petugas KPPS di daerah yang meninggal dan sakit saat bertugas. Sampai hari ini, tercatat sudah ada 2 petugas meninggal dunia.

"Kami kemarin sudah menerima laporan Ketua KPU tingkat kabupaten/kota. Dari laporan sementara, ada 2 petugas KPPS yang meninggal dunia," kata komisioner KPU Sumsel, Hepriadi kepada detikcom, Senin (22/4/2019).


Dikatakan Hepriadi, dua petugas KPPS itu bertugas di Ogan Komering Ulu dan Ogan Komering Ilir. Mereka meninggal setelah penghitungan surat suara selesai dan diduga kuat karena kelelahan.

"Informasinya kelelahan dan kami akan rapatkan agar 2 pahlawan demokrasi ini mendapat santunan. Meskipun anggaran tidak ada, nanti kita himpun dari semua Ketua KPU kabupaten/kota," imbuhnya.

Adapun kedua petugas KPPS meninggal, yaitu Fachrul (50), petugas di TPS 2 OKU dan Tuti Hidayati, petugas KPPS di Desa Suka Mulya OKI. Kedua petugas disebut sempat mengeluh kelelahan.


Atas peristiwa itu, Hepriadi pun meminta seluruh ketua KPU di 17 kabupaten/kota untuk melaporkan jika ada petugas yang sakit dan meninggal. Bahkan KPU masih menunggu laporan dari masing-masing PPK untuk dilaporkan ke KPU Pusat.

"Kami turut berduka dan kami meminta petugas lain untuk istirahat jika merasa kelelahan. Jangankan mereka ya, kami saja yang memonitor sudah berapa hari tidak tidur dan terasa lelah. Jadi harus tetap jaga kesehatan," sebutnya.


Simak Juga "Keluh Kesah Petugas KPPS Jalani Proses Pemilu 2019":

[Gambas:Video 20detik]


(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed