DetikNews
Kamis 18 April 2019, 16:26 WIB

Jokowi-Ma'ruf Menang di Nairobi, PDIP dan PSI Teratas

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jokowi-Maruf Menang di Nairobi, PDIP dan PSI Teratas Penghitungan Suara di Nairobi (Foto: Istimewa)
Jakarta - Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin mengungguli pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Nairobi, Kenya. Sedangkan perolehan suara di Pileg 2019 dimenangi PDIP.

PPLN Nairobi melakukan penghitungan suara pada Rabu (17/4/2019) pukul 10.00 waktu setempat. Tercatat, sebanyak 455 surat suara dihitung oleh panitia.


Penghitungan Suara di NairobiPenghitungan Suara di Nairobi (Foto: Istimewa)


Berdasarkan hasil penghitungan suara, Jokowi-Ma'ruf meraup 340 suara dan Prabowo-Sandiaga hanya 108 suara. Untuk Pileg 2019 Dapil II Jakarta, PDIP unggul dengan 175 suara. Disusul PSI 56 suara, PKS 37 suara, dan Gerindra 36 suara.

Dubes RI untuk Nairobi Soehardjono mengatakan proses penghitungan suara dihadiri sejumlah masyarakat. Proses penghitungan suara itu disebut penuh dengan suasana keterbukaan.

"Siapa pun yang menang, itu adalah Presiden Indonesia, harus kita dukung," kata Soehardjono dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4/2019).

Penghitungan Suara di NairobiPenghitungan Suara di Nairobi (Foto: Istimewa)




Proses penghitungan suara juga disiarkan secara langsung menggunakan live streaming di akun media sosial KBRI Nairobi. PPLN Nairobi memastikan kegiatan berjalan lancar.

"Dalam pemilu tahun 2014 lalu, kita hanya dapat menjaring 217 DPT, namun untuk saat ini kita dapat menjaring 471," kata anggota PPLN Nairobi Agus Santoso.

"So far semua oke, teman-teman (PPLN) bekerja sama dengan baik," sambung dia.



Tonton video Alasan Jokowi Enggan Rayakan Kemenangan:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed