Situs Sempat Down karena Traffic Tinggi, KPU: Orang Andalkan Hitungan KPU

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 18 Apr 2019 11:15 WIB
Foto: Pramono Ubaid. (Dwi Andayani/detikcom).
Jakarta - Situs KPU www.kpu.go.id sempat sulit diakses. Penyebabnya banyak masyarakat yang mengakses untuk melihat penghitungan sementara real count Pemilu 2019.

"Jadi perlu kami pastikan sistem IT KPU sebenarnya aman-aman saja. Kalau pun hari ini atau beberapa saat lalu down karena memang trafficnya sangat tinggi. Orang penasaran setelah diombang-ambingkan oleh hasil quick count yang diterima secara berbeda beda di Situng (Sistem Informasi Penghitungan) KPU yang menurut sebagian orang yang mereka tinggal mengandalkan hitungan KPU," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Pramono mengatakan pasca pemilu, biasanya banyak masyarakat yang mengakses situs KPU. Namun ia memprediksi beberapa hari ke depan masyarakat yang mengunjungi situs akan cenderung normal.



"Pada hari pertama ini trafficnya kan tinggi sekali mungkin di 2 hari selanjutnya trafficnya sudah lebih normal," kata Pramono.


Ia mengatakan situs tersebut hanya lah untuk mempublikasikan hasil rekapitulasi form C1 di TPS. Sementara penghitungan dilakukan secara manual. Hasil rekapitulasi yang ada di website tersebut, kata Pramono, merupakan sementara real count.

"Ya, jadi yang di-scan yang di Situng itu adalah salinan C1 dari setiap TPS yang ada di seluruh Indonesia. Itu di-scan dan di-upload di situs kita. Nah itu boleh diakses publik siapapun. Bisa di download bisa menjadi alternatif sumber informasi untuk mengontrol agar proses rekapitulasi KPU tidak melakukan manipulasi," sambungnya.


Saksikan juga video 'Penghitungan Suara Berjalan, TNI-Polri Jaga Ketat Gedung KPU':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/elz)