Wiranto Pimpin Rapat Pengamanan Pasca Pencoblosan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 18 Apr 2019 09:31 WIB
Foto: Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat pasca pencoblosan Pemilu 2019 (Arief Ikhsanudin)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengumpulkan beberapa menteri dan kepala lembaga untuk membahas persiapan pengamanan pasca pencoblosan pemilu. Beberapa menteri yang hadir di antaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Selain itu, hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Mereka melangsungkan rapat tertutup di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (18/4/2019).


Sebelum rapat dimulai, Wiranto memberikan sambutan dan pengantar kepada media. Dia menyebut gangguan pasca pencoblosan pemilu harus bisa segera diselesaikan.

"Hari ini rapat koordinasi untuk jaga agar apa yang terjadi di wilayah pemilihan umum. Dapat diselesaikan di wilayah itu. Jadi apa pun yang terjadi dari akibat pemilu, apakah soal penghitungan suara, kecurangan, dapat diselesaikan di wilayah hukum dari pemilihan umum. Kita jaga agar jangan keluar dari wilayah pemilu kemudian ke wilayah nasional," ucap Wiranto.


Wiranto berharap, dalam rapat ini akan mendapat masukan dari menteri atau lembaga negara yang diundang. Sehingga akan ditemukan langkah tepat yang akan diambil.

"Koordinasi untuk dapat masukan agar kita dapat ambil langkah tepat. Bisa ajak seluruh kontestan, ajak masyarakat pendukung, dan masyarakat seluruhnya. Pemilu yang dianggap sebagian besar, bahkan luar negeri menjadi pemilu sukses," kata Wiranto.


KPU Buka Suara Usai Banyak Masyarakat Pertanyakan Hasil Quick Count, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/gbr)