DetikNews
Rabu 17 April 2019, 22:23 WIB

AHY soal Hasil Quick Count: Kami Tunggu Hasil Resmi KPU

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
AHY soal Hasil Quick Count: Kami Tunggu Hasil Resmi KPU Foto: AHY (Farih/detikcom)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Partai Demokrat (PD) melalui Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menanggapi perihal hasil quick count Pilpres 2019. AHY menegaskan Demokrat menghormati penghitungan suara yang dilakukan KPU secara kredibel.

"Sampai dengan malam hari ini saat ini kita sedang rekapitulasi suara dan itu dilakukan secara paralel, pertama dengan metodologi quick count atau hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei yang ditampilkan juga dalam berbagai media elektronik, khususnya televisi, yang kita saksikan semua hari ini, tapi juga dilakukan penghitungan secara real dan itu tentunya menjadi otoritas dan kewenangan penuh KPU," kata AHY di Wisma Proklamasi Nomor 41, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019).


AHY meminta semua pihak mengawal proses penghitungan suara. Dia menegaskan Partai Demokrat menghargai penghitungan suara yang sedang dilakukan KPU.

"Partai Demokrat menyampaikan pandangan bahwa mari kita hargai proses yang berjalan, kita kawal suara jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diharapkan terutama kecurangan yang terjadi di TPS maupun di tempat-tempat lainnya dalam proses penghitungan suara ini. Dan kita tentunya menghormati sekali lagi, proses penghitungan secara kredibel yang dilakukan KPU," ucap AHY.

Putra sulung Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menyebut pernyataannya itu merupakan tanggapan atas banyaknya pertanyaan kepada mereka soal hasil quick count Pilpres 2019. Sejumlah lembaga survei mengeluarkan hasil quick count dengan mengunggulkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

[Gambas:Video 20detik]



"Kami dapat tanggapi bahwa sama seperti yang dijelaskan kedua kandidat capres, yaitu Pak Prabowo dan Pak Jokowi, termasuk sejumlah petinggi, pimpinan, tokoh partai politik peserta pemilu, bahwa kami akan menghormati dan menunggu hasil resmi dari KPU," ucap AHY.

"Itu yang terbaik bagi kita semua termasuk dalam konteks pileg dengan demikian akan mengurangi kesimpangsiuran berita ataupun terkait dengan hasil yang diraih di berbagai daerah di Tanah Air," imbuh dia.


Simak Juga Video AHY Minta Masyarakat Rukun Kembali Usai Nyoblos:

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed