DetikNews
Rabu 17 April 2019, 19:26 WIB

Jokowi-Ma'ruf Unggul Versi Quick Count, Ketum Golkar: Ini Amanat Rakyat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jokowi-Maruf Unggul Versi Quick Count, Ketum Golkar: Ini Amanat Rakyat Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memimpin konferensi pers. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan selamat kepada pasangan 01 Jokowi-Ma'rut Amin setelah menang versi hitung cepat (quick count) lembaga survei. Airlangga mengatakan kemenangan ini adalah amanat rakyat.

"Partai Golkar juga mengucapkan selamat kepada pasangan Pak Jokowi-Maruf Amin yang telah unggul dalam perhitungan cepat. Kemenangan sementara ini merupakan amanat dari rakyat melalui pemilu yang diselenggarakan pada hari ini," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (17/4/2019).


Airlangga pun turut mengamini pernyataan Jokowi untuk menunggu hasil akhir resmi dari KPU. Dia pun bersyukur atas kemenangan sementara hasil hitung cepat ini.

"Tentunya keputusan final terkait dengan pemenang, seperti yang disampaikan oleh Bapak Presiden beberapa waktu yang lalu, ini masih menunggu hasil resmi dari KPU. Jadi Partai Golkar pun menunggu hasil resmi dari KPU," ucap Airlangga.

"Kami juga bersyukur atas kemenangan ini karena Partai Golkar yang juga partai sejak awal konsisten memberikan dukungan dan memperjuangkan kemenangan pasangan Pak Jokowi-Maruf Amin," sambungnya.

Airlangga mengimbau masyarakat menghormati hasil hitung cepat. Dia juga mengajak tidak melakukan tindakan yang dapat mencederai demokrasi.

"Kami mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar menghormati pilihan rakyat dan tidak melakukan langkah-langkah yang dapat mencederai demokrasi yang sudah dibangun dengan sangat baik," kata Airlangga.


Ucapan terima kasih juga diungkapkan Airlangga kepada TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu. Dia menilai penyelenggaraan pemilu tahun ini dapat berjalan dengan aman dan tertib.

"Pada akhirnya juga Partai Golkar berterima kasih kepada penegak hukum terpadu, khususnya TNI, Polri, penyelenggara pemilu KPU, dan Bawaslu, baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah yang memungkinkan pesta demokrasi terbesar di Asia ini berjalan dengan aman, tertib, dan dapat mencerminkan hasil yang diamanatkan oleh rakyat," imbuhnya.

Sebelumnya, hingga pukul 17.40 WIB, Rabu (17/4/2019), ada 5 lembaga survei yang sudah mengumpulkan data di atas 75%. Berikut ini hasilnya:

[Gambas:Video 20detik]


Litbang Kompas

01. Jokowi-Ma'ruf: 54,24%
02. Prabowo-Sandiaga: 45,76%
Data terkumpul: 79,4% Suara

Indo Barometer

01. Jokowi-Ma'ruf: 53,99%
02. Prabowo-Sandiaga: 46,01%
Data terkumpul: 79,42% Suara

LSI Denny JA

01. Jokowi-Ma'ruf: 55,34%
02. Prabowo-Sandiaga: 44,66%
Data terkumpul: 92,65% Suara

CSIS-Cyrus

01. Jokowi-Ma'ruf: 55,8%
02. Prabowo-Sandiaga: 44,2%
Data terkumpul: 88,9% Suara

Charta Politika

01. Jokowi-Ma'ruf: 54,51%
02. Prabowo-Sandiaga: 45,49%
Data Terkumpul: 79,38% Suara


Jokowi-Amin Unggul di Quick Count, Relawan Gelar Long March:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +