DetikNews
Rabu 17 April 2019, 18:41 WIB

Prabowo Klaim Menang Quick Count, TGB: Tak Ada yang Larang Deklarasi

Ray Jordan - detikNews
Prabowo Klaim Menang Quick Count, TGB: Tak Ada yang Larang Deklarasi Korbid Keummatan Golkar Tuan Guru Bajang alias TGB. (Foto: Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim kemenangan berdasarkan hitung cepat Pilpres 2019. Korbid Keummatan Partai Golkar TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) yang juga menjadi pendukung capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) punya pandangan sendiri atas klaim Prabowo tersebut.

"Tanggung masing-masing. Tidak ada satupun orang yang bisa melarang deklarasi," kata TGB usai pertemuan dengan Jokowi di Gedung Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019).

Yang jelas, kata TGB, Jokowi yang juga dia sebut menang berdasarkan hasil hitung cepat berbagai lembaga survei tidak melakukan perayaan kemenangan secara berlebihan. TGB mengatakan kemenangan Jokowi yang berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin dipenuhi dengan rasa syukur.


[Gambas:Video 20detik]


"Yang pasti Pak Jokowi tidak ada kegembiraan yang berlebihan, tidak ada euforia. Yang terasa nuansa syukur Alhamdulillah," kata eks Gubernur NTB ini.

"Kita tahu semua, quick count (hitung cepat) itu metode scientific yang sudah teruji dalam pemilu kita langsung. Dan mudah-mudahan setelah quick count, nanti pada waktunya KPU akan mengumumkan Jokowi-Ma'ruf yang menang. InsyaAllah," imbuhnya.

Terkait dengan tudingan adanya kecurangan dalam Pilpres kali ini, TGB menilai hal itu hanyalah klaim. Dia mengimbau sebaiknya semua pihak menghormati pelaksanaan pesta demokrasi kali ini.


"Klaim, dugaan, itu sudah ada klaim untuk menyelesaikannya. Saya pikir kita sebagai bangsa kan perlu menghormati apa yang rakyat sudah sampaikan dalam pemilu ini," katanya.

TGB mempersilakan bagi pihak yang tidak terima hasil Pilpres kali ini membawa persoalan tersebut ke lembaga terkait. "Jadi kalau ada keberatan, protes apapun silakan diajukan ke Bawaslu, DKPP, KPU, MK segala macam," katanya.

"Sepanjang tidak melanggar hukum. Kalau sudah melanggar ada mekanismenya. Kalau klaim silakan saja," imbuhnya.


Sebelumnya, Prabowo mengklaim kubu pasangan 02 menang di Pilpres 2019. Selain itu, Prabowo menuding ada upaya dari lembaga-lembaga survei yang merilis hasil quick count.

"... hasil exit poll kita di 5 ribu TPS kita menang. Dan hasil quick count kita menang 52,2 persen," ujar Prabowo di depan kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sore ini.



Tonton video Sorak Sorai Pendukung Jokowi Melihat Hasil Quick Count:

[Gambas:Video 20detik]


(jor/dkp)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed