Sempat Hitung Ulang, Prabowo Menang Tipis di TPS Anies Baswedan

Widiya Wiyanti - detikNews
Rabu, 17 Apr 2019 16:26 WIB
Anies Baswedan saat mencoblos pada Rabu (17/4/2019) pagi. (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang tipis atas rivalnya, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, di TPS 60 Kelurahan Cilandak Barat tempat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoblos. Prabowo-Sandi hanya selisih tiga suara dari Jokowi-Ma'ruf.

Penghitungan akhir, Prabowo-Sandi memperoleh 120 suara, sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapat 117 suara. Total ada 241 surat suara yang dipakai, tiga di antaranya tidak sah.


Proses penghitungan suara di TPS 60Proses penghitungan suara di TPS 60. (Widiya Wiyanti/detikcom)

"Untuk Jokowi 117 suara, Prabowo 120 suara, 3 suara tidak sah, totalnya 240," ujar anggota KPPS TPS 60 Cilandak Barat, Jamallulail, di lokasi, Rabu (17/4/2019).

Penghitungan suara sempat diulang karena ada kesalahan penempatan surat suara. Surat suara harus dibuka kembali untuk memastikan tak ada kesalahan hitung.


Perolehan akhir di TPS tempat Anies Baswedan mencoblos. Prabowo unggul tipis atas JokowiPerolehan akhir di TPS tempat Anies Baswedan mencoblos. Prabowo unggul tipis atas Jokowi (Widiya Wiyanti/detikcom)

"Iya diulang, soalnya surat suara Prabowo yang harusnya masuk ke Prabowo ini masuk ke Jokowi. Jadi dibuka ulang. Karena salah tempat saja," ungkap Jamallulail.

Sebelumnya, Anies berjalan kaki menuju TPS ditemani ibunya, Aliyah Rasyid; istrinya, Fery Farhati Ganis; kedua anaknya, Mikail Azizi Baswedan dan Mutiara Annisa Baswedan; serta saudara kandungnya, Abdilah Baswedan. Mereka kompak mengenakan busana berwarna putih. (wdw/jbr)