DetikNews
Rabu 17 April 2019, 12:20 WIB

Caleg Gerindra yang Diamankan Terkait Dugaan Politik Uang Dipulangkan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Caleg Gerindra yang Diamankan Terkait Dugaan Politik Uang Dipulangkan Foto: Zunita Putri/detikcom
Pekanbaru - Caleg Gerindra bersama 3 orang yang diamankan terkait dugaan politik uang di Pekanbaru sudah dipulangkan. Tapi proses pemeriksaan atas dugaan tindak pidana pemilu tetap dilanjutkan.

"Sudah pulang mereka dari tadi malam. Kira-kira jam 01.45-lah," kata Ketua Bawaslu Pekanbaru Indra Khalid Nasution kepada detikcom, Rabu (17/4/2019).

Indra menegaskan Bawaslu akan mengambil keputusan atas dugaan pelanggaran pidana pemilu. Bawaslu punya waktu 14 hari menangani kasus dengan barang bukti Rp 506 juta.

"Proses pemeriksaan masih lanjut dong. Itu mereka pulang, karena Bawaslu tidak punya kewenangan menahan, bukan karena kita sudah ambil keputusan, belum. Keputusan (terbukti atau tidak ada politik uang) belum ada," kata Indra.

Soal keterangan dari Gerindra yang menyebut duit yang diamankan untuk membayar saksi, Bawaslu tetap fokus menangani kasus.

"Itu sah-sah saja. Tapi kan yang menjadi pertimbangan Sentra Gakkumdu dalam pertimbangan dalam memutuskan itu kan bukan bantahan itu. Tapi fakta-fakta dari saksi yang kami periksa dan dokumen-dokumen," kata Indra.

Sentra Gakkumdu Pekanbaru sebelumnya mengamankan 4 orang di salah satu hotel di Pekanbaru. Tim Gakkumdu menemukan uang Rp 506 juta.

Gerindra membantah jika uang tersebut dikatakan untuk kepentingan politik uang. Uang sebanyak itu untuk membayar saksi partai Gerindra di TPS. Dana tersebut resmi diberikan Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) 02 Prabowo-Sandiaga.


Simak Juga 'Bawaslu: Ada 25 Kasus Politik Uang Jelang Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(cha/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed