Surat Suara Habis, Pemilik A5 di TPS Kuta Bali Protes

Aditya Mardiastuti - detikNews
Rabu, 17 Apr 2019 11:11 WIB
Foto: Pemilih A5 protes di TPS Kuta Bali (Dita-detikcom)
Badung - Sejumlah warga di TPS 21 Banjar Pering, Kuta, Bali mengeluh tidak bisa menggunakan hak suaranya. Mereka mengaku dianaktirikan sebab menggunakan form A5.

Pantauan di TPS 21 Banjar Pering, Jl Legian, Bali, Rabu (17/4/2019), puluhan warga itu mengeluhkan sudah mengantre lama namun tak mendapat kepastian. Mereka memprotes petugas KPPS dan PPK dan menanyakan tentang hak suara mereka.

"Seolah-olah kami tidak bisa mendaftar padahal kami punya A5, solusinya kami dicarikan surat suara. Kami bawa A5 ini sudah dari KPU Badung, terdaftar. Nama kita sudah di situ kenapa kita nggak bisa mendaftar? TPSnya di sini dan ini jelas surat dari KPU Badung," ujar salah satu warga yang tak bisa menggunakan hak pilihnya, Eric Nainggolan.



Senada dengan Eric, Dewi Widarte juga mengaku sudah antre sejak pukul 07.00 Wita. Mulanya dia malah sudah mendapatkan nomor antrean namun akhirnya diminta kembali oleh petugas.

"Bingung-bingung dari petugas menyalahkan kelurahan dari kelurahan menyalahkan ke kecamatan. Saya ngerti itu tapi jawabannya nggak sama. Saya sudah urus ini dari bulan Maret loh dan Senin (15/4) saya sudah konfirmasi ke KPU saya terdaftar di TPS 21 katanya tinggal datang aja," sesalnya.

"Nyesel juga sih nggak pulang. Tapi temen saya juga banyak yang mengalami serupa tapi nggak tahu gimana mereka dari kelurahan semuanya solve, di sini nggak. Harapannya sih terorganisir dengan baik, komunikasi antara pihak petugas TPS dengan kelurahan itu aja sih. Kami juga memperjuangkan hak kami," ujar wanita asal Jakarta itu.

Berbeda dengan Eric dan Dewi, Steve masih bernasib mujur. Ia mengantre sejak pukul 07.00 Wita dan bisa menggunakan hak pilihnya.



"Saya di TPS 20 duluan dan bisa, tapi TPS 21 ini langsung nggak bisa. Katanya A5 nanti karena surat suaranya kurang. Setelah ini , TPS 20 juga ikut-ikutan nggak bisa karena (surat suara) kurang padahal kami terdaftar," kata pria yang sudah tinggal di Bali selama 6 tahun itu.

Petugas kebingungan karena jumlah surat suara tidak mencukupi. Dia mengatakan, pihaknya tak tahu sama sekali soal surat suara karena dia hanya menerima.

"Kan (tambahan surat suara) 2 persen dari 187 (DPT) sisa 4. Ini yang membuat kita kesulitan, saya harus bilang apa. Kalau dari regulasi semuanya dapat milih dari jam 07.00 Wita antara DPT dan DPTb sama," kata petugas PPK Kecamatan Kuta, Mangku Nguja.



Mangku menyebut saat ini jumlah pemilih yang membawa A5 ada 57 orang. Sementara jumlah surat suara yang tersedia hanya 201, sehingga masih ada kekurangan sekitar 53 surat suara.

"Ini dah, karena dari awal saya sudah beri tahu, karena di Kuta ini sering membludak. Sekarang saya sudah ngomong ke KPU pusat, ternyata diprediksi bahwa hanya 80 persen yang datang ke TPS pemilihnya. Apa bisa diprediksi seperti itu," jawab Mangku.



Tonton juga video Ribut-ribut Pemilu di Bali: Surat Suara Habis, Pemilik A5 Protes:

[Gambas:Video 20detik]

(ams/rvk)