ADVERTISEMENT

Pemilih di TPS 009 Serang Bingung dengan Banyaknya Surat Suara

M Iqbal - detikNews
Rabu, 17 Apr 2019 08:21 WIB
Foto: Suasana di TPS 009, Desa Keserangan, Serang, Banten
Jakarta - Para pemilih di TPS 009, Desa Keserangan, Serang, Banten kebingungan karena kebanyakan kertas suara. Warga kampung bahkan tak kenal siapa caleg yang akan mereka pilih.

Rata-rata pemilih hanya mengetahui calon presiden karena hanya ada dua pasang calon. Sementara, caleg mulai tingkat kabupaten hingga DPR RI tak ada yang mereka kenal.

Sebagaimana diketahui, di kebanyakan daerah ada lima surat suara yang harus dicoblos: Untuk Pilpres, Pileg tingkat DPR, Pileg Tingkat DPRD Provinsi, Pileg Tingkat Kabupaten dan untuk DPD. Untuk DKI Jakarta cuma ada empat surat suara karena tidak ada Pileg di level Kabupaten atau Kota.

Warga juga masih kebingungan bagaimana ciri suara sah dan tidak sah. Obrolan di antara mereka saling bertanya apakah jika lambang partai dicoblos dan nama caleg dicoblos surat suara akan tetap sah.

Pemilih di TPS 009 Serang Bingung dengan Banyaknya Surat SuaraFoto: Suasana di TPS 009, Desa Keserangan, Serang, Banten


"Nyoblosnya gimana? Kalau di sini (lambang partai) sah nggak?," tanya salah seorang warga kepada pemilih lainnya, Rabu (17/4/2019).

"Yang penting jangan di luar garis dan di tengah-tengah, nanti nggak sah," timpal warga lainnya.



Para pemilih yang mayoritas usia lanjut itu sudah berduyun-duyun datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Mereka terus memperhatikan contoh surat suara yang dipajang di TPS 009.

"Masih bingung, calonnya juga nggak kenal. Kalau presiden mah ita tau," kata warga sekitar, Muhadi.

Hingga pukul 07.56 WIB TPS 009 di desa tersebut belum dibuka, petugas KPPS masih menyortir surat suara yang akan diberikan ke para pemilih yang hendak mencoblos. Padahal, warga sudah berkumpul di TPS sejak pukul 07.00 WIB.


Saksikan juga video 'Mengoptimalkan Antusiasme Pemilih di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(fjp/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT