detikNews
Selasa 16 April 2019, 22:19 WIB

Tutup TPS Pukul 13.00 WIB Saat Pemilih Masih Antre Bisa Dipidana

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Tutup TPS Pukul 13.00 WIB Saat Pemilih Masih Antre Bisa Dipidana Kapolresta Tangerang Kota Kombes Sabilul Alif (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Polisi mengingatkan petugas KPPS untuk tidak menutup tempat pemungutan suara (TPS) saat antrean pemilih masih ada untuk mencoblos. Ada ancaman pidana bagi yang menghalang-halangi warga menggunakan hak pilihnya.

"Kami telah mensosialisasikan kepada warga agar jangan sampai ada yang menghalang-halangi warga untuk menggunakan hak pilihnya. Bagi yang menghalang-halangi seseorang yang menggunakan hak pilihnya di TPS itu terancam pidana 2 tahun penjara," kata Kapolresta Tangerang Kota Kombes Sabilul Alif saat dihubungi detikcom, Selasa (16/4/2019).



Sabilul mengatakan, sesuai PKPU No 9 Tahun 2019 Pasal 46, pukul 13.00 WIB bukan batas akhir pencoblosan. Pencoblosan tetap harus dilaksanakan apabila pemilih sudah mengantre di TPS sebelum pukul 13.00 WIB.

"Pukul 13.00 WIB adalah batas waktu untuk hadir di TPS. Jika sudah berada di TPS, sudah mengantre, semua berhak menggunakan hak pilih hingga seluruh antrean selesai (mencoblos)," tuturnya.

Tutup TPS Pukul 13.00 WIB Saat Pemilih Masih Antre Bisa DipidanaFoto: Dok. Istimewa




Sementara itu, ketentuan waktu penghitungan suara tertuang dalam Pasal 51 PKPU No 9 Tahun 2019. Dalam pasal itu disebutkan: penghitungan suara di TPS dimulai setelah pemungutan suara selesai dan berakhir paling lambat pukul 12.00 waktu setempat pada satu hari sejak hari pemungutan suara dan dilakukan tanpa jeda.

"Kami mengimbau warga untuk tidak takut ke TPS dan gunakan hak pilihnya," tandasnya.
(mea/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com