DetikNews
Senin 15 April 2019, 12:12 WIB

Wiranto: Amankan TPS dari Gangguan, Polri/TNI Tetap Netral

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Wiranto: Amankan TPS dari Gangguan, Polri/TNI Tetap Netral Rakor Pengamanan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin. (15/4/2019)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto mengingatkan prioritas keamanan di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan pemilu serentak, Rabu, 17 April.

"Berikan dan ciptakan ruang yang aman bagi pemilih untuk dapat bergerak dan berangkat dari rumah ke TPS dengan bebas tanpa tekanan," ujar Wiranto membuka Rakor Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pileg dan Pilpres Tahun 2019 di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Wiranto menekankan agar pengawalan dilakukan hingga seluruh rangkaian pencoblosan selesai di TPS. Setiap indikasi gangguan diminta cepat ditangani.

[Gambas:Video 20detik]





"Kawal dan mobilisasi dan penghitungan suara dengan ketat, untuk tidak ada gangguan-gangguan atau menghindari kecurangan yang dapat mengganggu penghitungan suara," ujar dia.





Selain itu, Wiranto kembali mengingatkan soal netralitas Polri/TNI. Aparat punya tugas memastikan pengamanan hari pencoblosan.

"Jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpercaya dan terakhir tetap gunakan moto yang dulu pernah saya sampaikan bahwa mengamankan pemilu adalah kehormatan. Pemilu sukses adalah kebanggaan kita sebagai bangsa," tuturnya.


Saksikan juga video '38.000 Personel TNI-Polri Amankan Pemilu di Ibu Kota':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed