Satu Koli Surat Suara Asal Sumbar Tercecer di Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Minggu, 14 Apr 2019 23:44 WIB
Foto: Dok. Istimewa
Pekanbaru - Surat suara tambahan dalam ukuran koli besar untuk Pemilu Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kabupaten Tanah Datar tercecer di bawah jembatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Bawaslu Riau bersama pihak kepolisian masih menyelidiki atas temuan ini.

Kertas suara yang tercecer itu tepatnya ditemukan pada Minggu (14/4/2019). Surat suara tersebut adalah surat suara Pemilu DPD RI dan DPR Dapil Sumatera Barat 1. Atas penemuan tersebut, warga melaporkan ke pihak terkait.

"Bawaslu Kabupaten Kampar menerima laporan soal kertas suara itu pukul 10.15 WIB. Tim kita langsung menuju ke lokasi," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Lubis kepada detikcom.

Saat sampai di lokasi, sambung Rusidi, masyarakat sudah ramai mengerumuni kertas suara tersebut. Bedasarkan informasi yang diterima, kertas suara ini diangkat masyarakat dari bawah jembatan saat mereka melaksanakan gotong royong.

 Satu Koli Surat Suara Asal Sumbar Tercecer di Riau Satu Koli Surat Suara Asal Sumbar Tercecer di Riau Foto: Dok. Istimewa

"Selanjutnya kertas suara ini kami amankan di Bawaslu Kampar yang juga sudah berkoordinasi dengan Polres Kampar," kata Rusidi.

Selanjutnya surat suara tersebut diamankan di kantor Bawaslu Kampar. Selain itu Bawaslu Kampar juga berkoordinasi dengan Polres Kampar, serta KPU Kampar terkait temuan surat suara tersebut.

"Untuk Kronologi awal siapa penemu pertama masih Simpang siur. Namun saat ini Bawaslu Kampar bersama pihak kepolisian terus melakukan pencarian dan menggali informasi ini," tutup Rusidi.

Satu Koli Surat Suara Asal Sumbar Tercecer di RiauSatu Koli Surat Suara Asal Sumbar Tercecer di Riau Foto: Dok. Istimewa
(yld/idn)