detikNews
Sabtu 13 April 2019, 20:58 WIB

Debat Ke-5 Pilpres

Kedua Paslon Terlihat Jenuh, Jokowi Dinilai Unggul di Sesi Visi-Misi

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kedua Paslon Terlihat Jenuh, Jokowi Dinilai Unggul di Sesi Visi-Misi Foto: Jokowi dan Ma'ruf Amin di panggung debat pamungkas. (Dwi-detikcom)
Jakarta - Debat kelima Pilpres 2019 mempertemukan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pada sesi pertama, kedua paslon dinilai sudah jenuh.

"Dua-duanya terlihat sudah jenuh ya, ada nuansa kejenuhan mungkin di masa terakhir kampanye sudah habis masa kampanye akbar memang menghabiskan energi," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya saat dihubungi, Sabtu (13/4/2019).



Yunarto menyatakan Jokowi lebih diuntungkan karena mendapat giliran kedua. Menurutnya, Jokowi langsung menjawab kritik Prabowo-Sandiaga.

"Pak Jokowi diuntungkan karena dia dapat giliran kedua, terkesan bisa menjawab dari kritik Prabowo- Sandiaga, misal bicara arah sistem ekonomi salah, Sandi mengkritik pertumbuhan ekonomi tidak dirasakan, berikan contoh ibu di langkat. Jokowi memulai visi misinya tidak normatif langsung menjawab bahwa dia ketika 4,5 tahun dengan JK berusaha mengubah petumbuhan yang disertai dengan pemerataan," ucapnya.

[Gambas:Video 20detik]




Hal tersebut membuat Jokowi terlihat lebih unggul. Strategi Prabowo-Sandi juga dianggap begitu-begitu saja.

"Menurut saya membuat Jokowi lebih unggul, Prabowo-Sandiaga nggak mengubah pola, Prabowo masih terus berkutat pesimisme uang lari, Sandiaga masih gunakan gimik marketing sama wakili rakyat, sebut nama," ucapnya.


Simak Juga Elektabilitas Jokowi vs Prabowo di Hari Terakhir Kampanye:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com