detikNews
Follow detiknews

Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019

Sabtu 13 April 2019, 18:37 WIB Tim detikcom - detikNews
Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019

Empat hari jelang pencoblosan Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kembali bertemu di panggung debat Pilpres 2019. Dalam debat kelima ini, kedua capres akan beradu gagasan, visi-misi, dan program di bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, dan perdagangan dan industri. Selain Jokowi dan Prabowo, debat juga akan diikuti kedua cawapres, yakni KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Seperti apa panasnya debat kelima? Simak jalannya debat di live report detikcom!

  • 23:45

    Debat Pilpres 2019 Berakhir, Terima Kasih!

    Pelaksanaan debat kelima Pilpres 2019 telah berakhir. Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sudah saling beradu gagasan. Kini, Pilpres akan memasuki masa tenang.

  • 22:59

    Prabowo Singgung Saham Freeport di Penutup Debat

    Di penutup debat, Prabowo menyinggung 51% kepemilikan saham Indonesia atas PT Freeport di Papua.

    "Dengan klaim bahwa Freeport itu keberhasilan Indonesia. Saya ingin pertanyakan karena katanya kita akan kuasai 51 persen. Tapi pihak sana sudah laporkan bahwa keuntungannya mereka kuasai 82 persen. Jadi di mana keberhasilan untuk bangsa Indonesia?" kata Prabowo.

    Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga memaparkan sejumlah janji-janjinya jika terpilih. Sandi, bersama Prabowo, juga berjanji tak mengambil sepeser rupiah pun gajinya jika terpilih.

    "Prabowo Sandi kami juga berterima kasih kepada Indonesia yang luar biasa memberikan keluasan kepada kami oleh karena itu kami berkomitmen berdua untuk tidak mengambil gaji serupiah pun jika kami mendapatkan amanah ini kami akan memberikannya kepada negara kaum yatim kaum duafa kami juga meyakini Insya Allah," sebut Sandiaga.

  • 22:53

    Tutup Debat, Ajak Masyarakat Tak Pesimis dan Datang ke TPS

    Sesi debat Pilpres 2019 berakhir. Jokowi-Ma'ruf mendapat giliran pertaman menyampaikan closing statement. Jokowi mengajak masyarakat tidak pesimistis dan berbondong-bondong datang ke TPS saat 17 April.

    "Tak boleh takut pada tantangan dan kesulitan. Bukan kesulitan yang bikin kita takut. Tapi ketakutan yang buat kita sulit. jangan pesimis, harus optimis. ajak teman sodara, untuk berbondong ke TPS pada 17 april 2019, 4 hari lagi utk gunakan hak pilih kita," ujar Jokowi.

    Sedangkan Ma'ruf mengatakan apa yang sudah dilakukan Jokowi-JK di periode 2014-2019 perlu dilanjutkan.

    "Pekerjaan belum selesai, oleh sebab itu kami akan meneruskan itu untuk menuju Indonesia maju," kata Ma'ruf.

  • 22:44

    Jokowi Singgung 'Ibu Ini', Sandiaga: Ini Fakta

    Saat menjawab pertanyaan Sandiaga, Jokowi menyebutkan nama-nama ibu-ibu yang disampaikan Sandiaga

    "Ini ekonomi makro, bukan mikro yang sekali bangun langsung jadi. Nggak bisa juga yang bapak sebutkan ibu ini ibu ini, ekonomi makro. Tidak bisa. Kita harus ngerti ekonomi makro akibat produksi dan sisi permintaan," kata Jokowi.

    Dalam sesi pertanyaan terpisah, Sandiaga menjelaskan ibu-ibu yang ia sebutkan adalah fakta. Mereka, kata Sandi, mengeluhkan harga-harga bahan pokok.

    "Saya mohon maaf karena nama-nama Ibu Nia, Ibu Nurjanah yang saya temui, secara agregat itu yang disampaikan dan mereka mengeluh harga-harga bahan pokok mahal," kata Sandiaga.


  • 22:31

    Jokowi Paparkan Program Pemerataan, Prabowo-Sandi Ungkit DKI

    Sebagai petahana, Jokowi memaparkan sejumlah program untuk pemerataan pembangunan dan perekonomian bangsa. Jokowi memberikan contoh lewat infrastruktur dan dana desa.

    "Infrastruktur, itu salah satu untuk pemerataan. Kita juga punya dana desa Rp 257 triliun," kata Jokowi.

    Prabowo pun menjawab konsep pemerataan sudah diimplementasikan di DKI lewat Gubernur Anies Baswedan. Konsep ini ia beri contoh lewat program bidang pendidikan dan kesehatan di ibu kota.

    "Kita harus menciptakan lapangan kerja, harus tingkatkan produktivitas, harus investasi besar-besaran di pendidikan dan kesehatan. Rakyat kita harus dalami engineering mathematics, harus intervensi. Di mana ada kelaparan, harus intervensi. susu dan sarapan pagi, ini sudah dilaksanakan Anies Baswedan di DKI," jelas Prabowo.

    "Di DKI, kemiskinan bisa kita turunkan, tingkat pengangguran yang turun," jawab Sandiaga menimpali Prabowo.

  • 22:23

    Jawab Ma'ruf, Prabowo Akui Bagian 1% Kuasai Kekayaan Negeri

    Ma'ruf Amin mengatakan adanya angka ketimpangan dan kemiskinan yang menurun. Ma'ruf bertanya kepada Prabowo-Sandi soal mendukung pemerataan.

    "Bagaimana konsep bapak dalam dukung pemerataan?" tanya Ma'ruf.

    Mengawali pernyataan, Prabowo mengakui menjadi bagian 1% yang menguasai kekayaan bangsa. Namun ia menegaskan mencurahkan jiwa dan raganya untuk negara. Sedangkan untuk pemerataan, Prabowo mendorong terciptanya banyak lapangan pekerjaan.

    "Saya selalu di mana-mana mengaku bagian dari 1%. Tapi 1% yang mengerti tanggung jawab saya bagi bangsa dan negara. Saya siap, tak hanya harta, tapi jiwa dan negara. Saya bagian dari 1%. Tapi 1 % yang cinta tanah air," kata Prabowo.

    "Bagaimana pemerataan? Kita harus menciptakan lapangan kerja. Harus tingkatkan produktivitas, harus investasi besar-besaran di pendidikan dan kesehatan," imbuh Prabowo.

  • 22:10

    Prabowo Serang BUMN, Jokowi Beri Pembelaan

    Prabowo mengatakan bahwa BUMN adalah benteng terakhir perekonomian. Prabowo menyebut tidak adanya keuntungan signifikan dalam BUMN sektor penerbangan.

    "BUMN adalah benteng terakhir ekonomi kita benteng-benteng itu goyah. Beberapa waktu lalu, Bloomberg buat studi penerbangan, kursi yang harus diduduki agar penerbangan bisa untung. Garuda, baru bisa untung kalau penumpangnya 120%. Berarti tidak bisa untung-untung," kata Prabowo.

    Jokowi memberikan pembelaan. Jokowi menegaskan tidak ingin menyalahkan jika adanya BUMN yang salah dalam tata kelola keuangan.

    "Bahwa ada tantangan, masalah, itu tugas kita sebagai pemimpin. Saya tidak mau buka masa lalu BUMN-BUMN, tapi ada 1-2-3 yang salah kelola. Saya tidak mau salahkan mereka, saya mau cari solusi," terang Jokowi.

  • 22:02

    Sandiaga Soroti Defisit Neraca Dagang, Jokowi Merespons

    Masih dalam sesi tanya jawab, Sandiaga menyoroti defisit neraca dagang Indonesia. Angka tersebut, kata Sandiaga, membuat terenyuh.

    "Ini dalam satu berita, neraca dagang Indonesia masih tekor. Satu hal yang bikin kami terenyuh. Defisit minus USD 8 miliar," ujar Sandiaga.

    Jokowi mengamini pernyataan Sandiaga. Namun Jokowi memaparkan neraca dagang Indonesia di kuartal I tahun 2019.

    "Tahun 2018, memang neraca kita defisit USD 8 miliar. Tapi kuartal pertama tahun ini, defisit kita turun USD 0,67 miliar. Apa yang mau kita lakukan? Subsititusi barang impor harus dilakukan. Minyak dan gas, kita sudah mulai bangun refinery," jelas Jokowi.

  • 21:51

    Jokowi Fasilitasi Gamers, Prabowo Singgung Swasembada Pangan

    Saat sesi tanya jawab, Jokowi berjanji akan merangkul para gamers. Jokowi menjelaskan, sudah memfasilitasi segala kebutuhan bagi para gamers guna mendongkrak ekonomi kreatif di sektor e-sport.

    "Kita sebagai pemerintah harus cepat tanggap dan respons cepat perubahan global. Sekarang anak-anak senang jadi gamers, pemerintah membangun infrastruktur digital, Palapa Ring, 4G, sehingga anak-anak muda kita memiliki infrastruktur sebagai gamers," ujar Jokowi.

    Prabowo mengapresiasi apa yang dilakukan Jokowi. Namun ia menegaskan lebih mendorong kesejahteraan rakyat dan swasembada pangan.

    "Digital-digital tadi bagus, tapi kita butuh swasembada pangan, kita harus jaga kekayaan Indonesia," kata Prabowo.

  • 21:18

    Jokowi Pamer RI Wisata Halal Nomor 1, Sandi Dorong Ekspor Produk Halal

    Jokowi memamerkan Indonesia menempati posisi pertama dalam wisata halal di dunia. Jokowi juga berjanji akan membuka halal park di sekitar GBK Jakarta.

    "Sebagai negara penduduk Muslim terbesar, kita punya kekuatan ekonomi syariah. Kita tahu Indonesia dinobatkan nomor 1 wisata halal, sebentar lagi kita buka halal park dekat GBK," kata Jokowi.

    Sedangkan Sandiaga berjanji akan mendorong ekspor produk halal.

    "Kekuatan kita, kewirausahaan syariah, baru saja kampanye temukan produk halal yang memiliki kemampuan ekspor. Dengan semangat memperkuat produksi kita, produk kita bisa menguasai. Industri halal bukan sertifikasi, tapi lebih besar dari itu," kata Sandiaga.

  • 21:07

    Sandiaga Kritik Mekaar, Jokowi Menjawab

    Sandiaga lantas mengkritik program Mekaar Jokowi tidak adanya pendampingan, perizinan soal terjunnya perempuan ke bidang usaha. Sandiaga mengklaim akan membantu lewat OK OCE.

    "Sebanyak 80% kegagalan perempuan yang terjun ke bisnis adalah tidak ada pendampingan. Perizinan, kita bantu dengan gerakan OK OCE. Kita bantu administrasi keuangan agar mereka melek hitung cash flow. Akses permodalan, kalau dikasih pinjam uang, 99,99% uangnya balik," ujar Sandiaga.

    Sedangkan Jokowi menjawab program Mekaar yang dikritik Sandiaga. Jokowi menegaskan sudah melakukan pendampingan.

    "Mengenai Mekaar, pinjaman bagi ibu yang dagang asongan, bakso, mi ayam, usaha rumah tangga. Pinjaman Rp 2, 3, 4 juta sampai Rp 10 juta. Lebih dari Rp 10 juta kita larikan ke KUR. Ini didampingi. Sudah berjalan 4 tahun," jelas Jokowi.

  • 21:02

    Sandiaga Pamer OK OCE, Ma'ruf Amin Bicara Dewi-Dedi

    Untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam perekonomian, Sandiaga memamerkan program OK OCE. Program ini sudah diimplementasikan di DKI Jakarta.

    "Gerakan OK OCE juga didominasi emak-emak perempuan, mereka jadi tulang pungggung. Entrepreneurship bisa didorong. Kami yakin ketimpangan bisa dikurangi signifikan," kata Sandiaga.

    Bagaiman dengan Ma'ruf? Ia menjelaskan program pembiayaan ultra mikro alias UMi dan Bank Wakaf Mikro. Selain itu, Ma'ruf akan menciptakan Dewi-dewi dan Dedi-dedi.

    "Upaya-upaya ini akan kami terus bangun dan juga di desa-desa kami juga akan ciptakan Dewi-dewi dan Dedi-dedi," jawab Ma'ruf.

  • 20:56

    Jokowi Jawab Kritik, Prabowo Ngaku Tak Menyalahkan

    Menjawab Prabowo, Jokowi menegaskan letak perbedaan ekonomi makro dan mikro. Jokowi menegaskan, infrastruktur yang sudah dibangun terintegrasi dengan kawasan industri.

    "Perlu tahapan besar. Infrastruktur akan terhubung dengan kawasan industri, kawasan wisata. Perlu tahapan besar," kata Jokowi.

    Prabowo yang merespons Jokowi menyebut ini bukan salah Jokowi selama menjabat sebagai presiden. Kata Prabowo, ini merupakan kesalahan bersama.

    "Terus terang, saya tak salahkan Pak Jokowi. Ini masalah kesalahan kita sebagai bangsa. Kita harus berani mengoreksi diri. Kita salah jalan," ucap Prabowo.

  • 20:51

    Jokowi Bicara Industrialisasi, Prabowo Menyerang

    Guna meningkatkan stabilitas harga komoditas pertanian-perikanan-perkebunan, Jokowi berjanji akan memperbanyak pabrik-pabrik perikanan. Begitu juga di sektor perkebunan, Jokowi menekankan pentingnya hilirisasi supaya barang yang diekspor minimal barang setengah jadi.

    "Ke depan, baik di perikanan-pertanian adalah hilirisasi, perlu dibangun industri perikanan sebanyak-banyaknya sehingga banyak ekspor barang olahan, sudah packaging, labelling. Begitu juga komoditas perkebunan, kita harus berani hilirisasi agar ekspor tidak bentuk mentahan, tapi minimal barang setengah jadi," ujar Jokowi.

    Prabowo lantas menyindir kebijakan yang baru saja Jokowi sampaikan. Sebab, kata Prabowo, saat ini pemerintah justru memperbanyak impor.

    "Di sini letak masalah di mana saya singgung, ekonomi kita salah arah. Terjadi deindustrialisasi dan terjadi tidak adanya strategi yang dijalankan pemerintah. Niat Pak Jokowi bagus, tapi Pak Jokowi sudah berkuasa 4,5 tahun kenapa izinkan impor, petani hancur," kata Prabowo.

  • 20:33

    Jokowi Bicara Pemerataan dalam Visi-Misi

    Jokowi berbicara sudah mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia saat membacakan visi-misi. Ia mengklaim sudah melakukan pemerataan pembangunan.

    "Selama 4,5 tahun bersama Pak JK, telah berjuang keras mengembalikan watak asli pembangunan di negara kita Indonesia, tidak bertumpu pada ekonomi, tapi pemerataan. Karena ekonomi tanpa pemerataan adalah ketimpangan," ujar Jokowi.

    "Kami membangun infrastruktur tidak di Jawa saja, tidak Jawa sentris, tapi Indonesia sentris," imbuh Jokowi.

    Dalam bidang kesejahteraan sosial, Jokowi memamerkan KIP Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan kartu Sembako Murah. Kartu ini baru akan dieksekusi tahun depan jika Jokowi terpilih.

  • 20:29

    Paparkan Visi-Misi, Prabowo Singgung Kebocoran

    Prabowo-Sandi mendapatkan giliran pertama membacakan visi-misinya. Prabowo menyinggung bangsa Indonesia dalam arah yang salah serta adanya kebocoran.

    "Kami berpandangan bangsa kita sekarang ini berada dalam arah yang salah. Arah ini kalau diteruskan tidak memungkinkan membawa kesejahteraan bagi bangsa Indonesia. Ini terbukti kita telah menyimpang dari cita-cita pendiri bangsa. Dalam UUD 1945, rancang bangun ekonomi kita, sangat jelas, tidak bisa membiarkan kekayaan mengalir ke luar negeri dan diakui pemerintah kekayaan nasional mengalir ke luar negeri," kata Prabowo.

    Sedangkan Sandiaga berbicara mengenai hasil blusukan dan kampanyenya selama 8 bulan ini. Ia menyampaikan keluhan Ibu Nurjanah mengenai masalah ekonomi. Ia berjanji membuka banyak lapangan kerja.

  • 20:05

    Debat Dimulai, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Naik ke Panggung

    Debat Pilpres 2019 tepat dimulai pukul 20.00 WIB. Moderator mempersilakan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf maju ke panggung debat. Setelahnya, capres-cawapres Prabowo-Sandi naik ke panggung debat. Debat dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

    Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019Foto: Dwi Andayani/detikcom

    Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan pembacaan doa. Tokoh lintas agama dipersilakan maju untuk membimbing pembacaan doa.

  • 19:46

    Jokowi-Ma'ruf Tiba di Lokasi Debat

    Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019Foto: Jordan/detikcom

    Jokowi tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta. Jokowi tiba bareng istrinya, Iriana Jokowi. Sebelum ke lokasi debat, Jokowi berangkat dari Hotel Fairmont.

    Tidak lama kemudian, Ma'ruf Amin tiba di lokasi. Ia didampingi istrinya, Wury Estu Handayani.

  • 19:23

  • 19:17

    Bareng Istri, Sandiaga Tiba di Lokasi Debat

    Setelah Prabowo, Sandiaga tiba di lokasi debat. Tidak sendiri, dia didampingi istrinya Nur Asia Uno.

    Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019Foto: Sandiaga Uno tiba di lokasi debat kelima Pilpres 2019 (Isal Mawardi/detikcom)

    "Santai aja. Sukses semuanya. Terima kasih banyak, mohon doanya. Mohon maaf kalau 8 bulan kami bersosialisasi, terima kasih teman-teman media kalau ada salah kami mohon maaf," ujar Sandi soal persiapan debat.

  • 19:08

    Prabowo Tiba di Lokasi Debat

    Sambil mengenakan jas berwarna hitam, dasi merah, dan peci hitam, Prabowo tiba di lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta. Prabowo menyempatkan meladeni sesi wawancara setibanya di Hotel Sultan.

    "Itu yang kita perjuangkan, bahwa kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia, itu yang saya perjuangkan," kata Prabowo.

  • 18:58

    Prabowo Menuju Lokasi Debat

    Live Report: Jokowi Vs Prabowo di Debat Kelima Pilpres 2019Prabowo Subianto berangkat dari kediamannya di Jaksel ke lokasi debat kelima Pilpres 2019 (Ibnu Hariyanto/detikcom)

    Prabowo bergegas menuju lokasi debat Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Sebelum menuju lokasi debat, Prabowo menyapa pendukungnya di depan rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta.

  • 18:48

  • 18:46

  • 18:44

    Selamat datang di live report debat kelima Pilpres 2019!

    Empat hari jelang pencoblosan Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kembali bertemu di panggung debat Pilpres 2019. Dalam debat ini, kedua capres akan beradu gagasan, visi-misi, dan program di bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, dan perdagangan dan industri.