Debat Pilpres Terakhir Berisi 6 Segmen, Begini Alurnya

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 13 Apr 2019 13:01 WIB
Para paslon capres-cawapres saat debat perdana (Foto: Rengga Sancaya-detikcom)
Jakarta - Debat Pilpres 2019 terakhir yang digelar malam ini berisi enam segmen. Debat ini bakal diikuti oleh para calon presiden dan calon wakil presiden.

Dilihat detikcom dari rundown acara debat, Sabtu (13/4/2019), debat ini bakal diawali dengan pembukaan kotak pertanyaan oleh KPU dan perwakilan panelis.

Segmen satu sendiri berisi penyampaian visi-misi oleh masing-masing pasangan calon. Tiap pasangan diberi waktu masing-masing 4 menit untuk memaparkan visi-misinya.

Segmen kedua, debat akan dilakukan dengan tema ekonomi, nantinya masing-masing kandidat akan menjawab secara bergantian, dilanjutkan dengan saling menanggapi jawaban. Selanjutnya, moderator akan kembali memberikan pertanyaan dengan tema kesejahteraan sosial.



Pada segmen ketiga, debat akan dimulai dengan tema keuangan dan investasi. Setelah masing-masing kandidat menjawab dan menanggapi, moderator akan kembali menanyakan pertanyaan dengan tema perdagangan dan industri.

[Gambas:Video 20detik]

Segmen keempat, kandidat akan melakukan sesi debat terbuka. Dalam sesi ini, masing-masing kandidat akan diberikan waktu 2 menit untuk memberikan pertanyaan dan 2 menit untuk menjawab.

Sesi debat terbuka ini akan dilakukan dua kali dalam satu segmen. Selanjutnya pada segemen kelima, kandidat akan kembali melakukan debat terbuka.

Segemen enam atau segmen terakhir, akan diisi dengan sesi pernyataan penutup dengan masing-masing paslon diberi waktu 4 menit. Dalam segmen ini nantinya Ketua KPU akan memberikan kata penutup didampingi oleh Ketua Bawaslu dan DKPP.



Selain itu, masing-masing 10 orang perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin serta Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan naik ke atas panggung debat. Nantinya mereka akan ikut menyanyikan lagu Indonesia Pusaka sebagai penutup acara debat.

Debat rencananya dimulai pada pukul 20.00 WIB di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat. Tema yang bakal diangkat adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.


Simak Juga '2.673 Personel Diterjunkan Kawal Debat Pamungkas Pilpres 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/haf)