detikNews
Sabtu 13 April 2019, 08:06 WIB

Kalah di Pemilih Emak-emak Versi LSI, BPN: Nggak Masuk Akal!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kalah di Pemilih Emak-emak Versi LSI, BPN: Nggak Masuk Akal! Foto: Andre Rosiade. (Aditya Mardiastuti-detikcom)
Jakarta - Survei LSI Denny JA menempatkan paslon Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul di kantung pemilih emak-emak ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyatakan survei itu terlalu tanggung bagi Denny JA.

Dalam survei tersebut, Jokowi Ma'ruf mendapatkan persentase suara 59,9-69,8% di kantung pemilih emak-emak sedangkan Prabowo-Sandi hanya berkisar di angka 30,2-40,1%. Juru bicara BPN, Andre Rosiade, menyindir dan mengatakan seharusnya Denny JA memberi keunggulan telak bagi Jokowi.


"Menurut saya ya sebenarnya tanggung kalau Mas Denny JA nulis 60%, harusnya tulis 80%, 90% emak-emak dukung Jokowi," kata Andre saat dihubungi, Jumat (12/4/2019) malam.

Andre memaparkan alasannya mengatakan survei LSI Denny JA tanggung. Menurutnya, survei itu tak sesuai dengan realitas yang ditemuinya di lapangan.

"Tanggung gitu karena logikanya begini. Saat ini seluruh masyarakat, emak-emak ini lagi masih merasakan kesulitan hidup. Saya ini orang yang tiap minggu berkeliling ke ratusan titik di dapil saya. Emak-emak itu selalu mengeluh, anaknya tamat kuliah, tamat sekolah nggak dapat pekerjaan. Lalu harga kebutuhan bahan pokok tinggi, lalu listrik mahal," sebut Andre.

"Lalu suami mereka karena pertumbuhan ekonomi nyungsep, suami mereka gajinya nggak naik, penghasilan nggak naik malah cenderung menurun. Intinya apa? Emak-emak ini merasakan kesulitan hidup, tapi tiba-tiba Denny JA bilang emak-emak dukung Pak Jokowi, ya silakan hak Mas Denny JA. Tapi nggak masuk akal," ucap Andre menambahkan.

Andre lantas mengungkit soal pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan Prabowo. Dia menyebut Denny JA pernah menyatakan Jokowi-Ma'ruf akan menang jika Ustaz Abdul Somad netral.

"Jadi kan waktu bulan Maret 2019 kan LSI Denny JA bilang kalau Ustaz Abdul Somad netral itu kan yang menang Jokowi. Tapi kan sekarang Ustaz Abdul Somad sudah menunjukkan sinyal yang jelas mendukung Pak Prabowo. Nah, kok hasil surveinya gimana ya? Saya ingin tahu nih sikap LSI gimana," sebut Andre.


[Gambas:Video 20detik]



Survei LSI Denny JA yang terbaru dilakukan pada 4-9 April 2019 menggunakan 2.000 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner.

Margin of error survei ini adalah 2,2%. Selain survei, LSI Denny JA melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisis survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

"Jokowi-Ma'ruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo-Sandi di atas dua digit. Lima hari menjelang pencoblosan, dukungan Jokowi-Ma'ruf dalam rentang 55,9-65,8%. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34,2-44,%" ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam rilis terbaru hasil survei di Graha Dua Rajawali LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat (12/4).



Simak Juga 'Survei dari Amerika Menangkan Prabowo, BPN: Tak Heran':

(gbr/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed