DetikNews
Jumat 12 April 2019, 20:23 WIB

Peringatan Tsunami di Sulteng Berakhir, Warga Diminta Tetap Waspada

Danu Damarjati - detikNews
Peringatan Tsunami di Sulteng Berakhir, Warga Diminta Tetap Waspada Titik gempa 6,9 M di Sulteng (Google Maps)
Jakarta - BMKG menyatakan peringatan dini tsunami untuk kawasan Sulawesi Tengah telah berakhir. Namun masyarakat di Kabupaten Banggai dan sekitarnya diminta tetap waspada.

"Masyarakat di sekitar pesisir Kabupaten Morowali yang dinyatakan berpotensi tsunami dengan tingkat waspada sebelumnya oleh BMKG diminta tetap meningkatkan kewaspadaannya," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya, Jumat (12/4/2019).


Peringatan dini tsunami sebelumnya dikeluarkan BMKG setelah gempa Magnitudo 6,9 mengguncang kawasan Sulawesi Tengah pada pukul 18.40.49 WIB. Masyarakat di sekitar lokasi banyak yang berlarian ke dataran yang lebih tinggi, tak terkecuali warga di Kabupaten Morowali. Bahkan warga di kawasan Maluku Utara juga ada yang mengungsi.

"Sementara itu, banyak warga di sekitar pesisir di luar Morowali yang mengungsi ke bukit-bukit dan daerah yang tinggi, seperti warga Luwuk di Kabupaten Banggai, warga Kabupaten Banggai Kepulauan. Bahkan warga yang merasakan guncangan gempa di Taliabu, Maluku Utara, juga mengungsi sebagian," kata Sutopo.



Listrik padam di beberapa daerah akibat guncangan gempa itu. Gempa dengan guncangan yang keras itu telah membuat panik warga sehingga banyak yang berhamburan ke luar rumah.

"Warga Kota Palu merasakan guncangan gempa keras selama 6 detik. Guncangan gempa keras juga dirasakan warga Luwu Timur selama 4 detik, warga Banggai selama 6 detik," kata Sutopo.
(dnu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed