detikNews
Jumat 12 April 2019, 18:50 WIB

Telepon Prabowo yang Buat Gatot Datang ke Pidato Kebangsaan di Surabaya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Telepon Prabowo yang Buat Gatot Datang ke Pidato Kebangsaan di Surabaya Gatot Nurmantyo (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menghadiri pidato kebangsaan Prabowo Subianto di Surabaya. Mantan Panglima TNI itu mengaku datang atas permintaan langsung Prabowo.

"Saya datang ke sini tidak lain karena bangsa memanggil untuk negara dan rakyat Indonesia atas telepon dari beliau, Bapak Prabowo meminta saya hadir dan bicara masalah kebangsaan di sini," ujar Gatot saat berbicara di acara pidato kebangsaan Prabowo di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019).

Dalam pidatonya, Gatot berbicara tentang masalah kebangsaan serta kondisi internal dan nasional. Ia juga menyampaikan keluh kesah yang terjadi di tubuh TNI.


Adapun beberapa hal yang disoroti Gatot adalah soal APBN-P untuk TNI pada 2017, yang nilainya tidak sebanding dengan institusi pertahanan keamanan lainnya. Kemudian Gatot juga terkesan menyampaikan protes karena sejumlah anak buahnya dicopot dari jabatan strategis begitu ia tak lagi menjadi Panglima TNI.

"Saya tidak salah menyebutkan orang-orang yang bermasalah menempati jabatan-jabatan strategis," kata Gatot.


"Apa tolok ukur keberhasilan? Padahal prajurit bukan itu yang dicari. Karena setiap prajurit TNI, termasuk purnawirawan, di sini yang ada di pikirannya bukan mencari harta dan jabatan. Setiap prajurit TNI yang dicari adalah kapan dan bagaimana supaya saya bisa jadi pahlawan," imbuhnya.

Gatot hadir di tengah-tengah Prabowo mengumumkan nama-nama tokoh 'calon menteri' yang akan membantunya. Gatot menjadi salah satu di antaranya.

"Saya tidak pernah cek mereka partai mana, ada yang profesional, ada yang bisa pakai dasi, ada yang nggak bisa, ada anak-anak muda juga. Tapi kita bergabung secara alamiah. Saya tidak bikin iklan dicari putra-putri terbaik, mereka datang sendiri," sebut Prabowo.
(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com