DetikNews
Jumat 12 April 2019, 02:29 WIB

Kawal Kasus Audrey, PSI Beri Bantuan Hukum dan Trauma Healing ke Korban

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kawal Kasus Audrey, PSI Beri Bantuan Hukum dan Trauma Healing ke Korban Ilustrasi (Fuad Hashim/detikcom)
Pontianak - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjenguk siswi SMP di Pontianak, A. PSI menawarkan kepada keluarga korban pendampingan hukum dan pelayanan trauma healing kepada A.

Tawaran tersebut disampaikan oleh juru bicara PSI Kokok H Dirgantoro dan Dara Adinda Nasution kepada ibu A, yakni L, di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (11/4/2019). PSI juga menawarkan perlindungan bagi keluarga dari resiko intimidasi.

"Duka yang dialami adik AY dan keluarga adalah duka kami juga. Ini duka bangsa. Kami di PSI akan selalu bersama korban dan bersiap membantu apa yang dibutuhkan korban dan keluarga," kata Kokok melalui keterangan tertulisnya.


Saat dikunjungi perwakilan PSI, kondisi A sudah berangsur membaik. Juru bicara PSI lainnya, Dara, mengatakan A terhibur karena dijenguk oleh teman-temannya.

"Kami lega sekali kondisi AY terlihat semakin baik dan sudah bisa tersenyum saat bertemu dengan kami. AY senang ada banyak teman yang datang menjenguknya," ucap Dara.

Dara menilai trauma psikis yang dialami A akan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Pihaknya siap menyediakan pendampingan untuk memulihkan kesehatan psikis A.

"Luka fisik mungkin akan cepat terobati, tapi luka batin pasti sulit dipulihkan. Kita mesti fokus juga pada pemulihan kesehatan mental AY. Kami siap mendampingi dan menyediakan psikolog," tutur Dara.


Dara mengapresiasi langkah polisi yang telah menetapkan tiga tersangka yang diduga menganiaya A. Dia menuturkan PSI siap mengawal proses hukum terkait kasus tersebut.

"Selain kepada kepolisian, PSI mengapresiasi perhatian Presiden Jokowi terhadap kasus ini. Jelas beliau tak bisa intervensi secara hukum, tapi permintaan beliau agar kasus ini diselesaikan seadil-adilnya adalah bukti beliau serius memberantas perundungan," ungkap Dara.


Seperti diketahui, kasus dugaan kekerasan terhadap A ini menjadi sorotan hingga mengundang reaksi luas dan memunculkan petisi Justice For Audrey. Tagar JusticeForAudrey di Twitter juga sempat menduduki posisi nomor 1 di Indonesia dan dunia pada Selasa (9/4).



Tonton juga video Soal Kasus Audrey, Ruben Onsu: Pendidikan dari Ortu Penting:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed