Surat Suara Tercoblos di Selangor, NasDem: Ada Ingin Sudutkan Caleg Muda Kami

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 11 Apr 2019 17:41 WIB
Sekjen NasDem Johnny G Plate. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mencurigai adanya niat buruk dari kejadian tercoblosnya surat suara caleg partai yang diketuai Surya Paloh itu di Selangor, Malaysia. NasDem meminta Bawaslu menyelidiki pelakunya.

"Kami sangat kaget mendengar berita tersebut dan mencurigai niat buruk dari pelaku kejahatan pemilu dimaksud. Kami minta kepada Bawaslu RI agar segera mengambil langkah untuk menyelidiki dan menemukan siapa yang menjadi pelaku tindakan kriminal pemilu tersebut dan menghukum seberat-beratnya," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).


Johnny yakin ada pihak luar yang sengaja berusaha menyudutkan partainya dan caleg-caleg mereka. Selain itu, pihak luar tersebut juga disebut ingin menyudutkan paslon yang diusung NasDem, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kami meyakini ada pihak dari luar atau pihak bukan kami yang dengan sengaja melakukan usaha pelanggaran tersebut untuk menyudutkan paslon 01, Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin dan sekaligus menyudutkan kader muda potensial NasDem yang saat ini menjadi caleg DPR RI Dapil DKI II," ungkapnya.

[Gambas:Video 20detik]



Johnny menegaskan pihaknya memiliki komitmen kuat untuk mengikuti aturan dalam pemilu sesuai undang-undang yang berlaku.

"Kami dan seluruh infrastruktur partai dan segenap caleg se-Indonesia telah mempunyai komitmen yang kuat dan diharuskan untuk mengikuti pemilu sesuai aturan dan jadwal pemilu yang sudah ditetapkan dan sesuai amanat UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu dan peraturan pelaksana lainnya," imbuh Johnny.

Partai NasDem dalam pemilu legislatif kali ini mempunyai 7 caleg dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II, yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. Caleg-caleg tersebut adalah Okky Asokawati, Davin Kirana, Achmad, Shanti Ramchand, Yulisa Baramuli, Tengku Adnan, dan Millie Lukito.


Surat suara yang telah tercoblos ditemukan di Selangor, Malaysia. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahra mengatakan dalam surat suara itu telah tercoblos untuk pasangan calon 01. Tak hanya itu, surat suara juga sudah dicoblos di kertas legislatif.

"Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," kata Yazza saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (11/4).


Simak Juga "Ramai Video Surat Suara Tercoblos di Malaysia":

[Gambas:Video 20detik]

(azr/idh)