Soal Kasus Audrey, Sandiaga: Kita Tegas Tolak Isu Bullying

Indra Komara - detikNews
Rabu, 10 Apr 2019 22:23 WIB
Cawapres Sandiaga Uno (Sugeng Harianto/detikcom)
Cawapres Sandiaga Uno (Sugeng Harianto/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno turut prihatin atas kasus pengeroyokan yang menimpa siswa SMP di Pontianak, A (14), yang kasusnya sampai membuahkan petisi viral Justice for Audrey. Sandiaga mengatakan kasus A jadi pembelajaran untuk membangun generasi muda.

"Ya ini bagian daripada tugas kita sama-sama untuk membangun generasi anak-anak muda yang menghargai toleransi perbedaan pendapat dan anti-bullying, anti-perundungan," ujar Sandiaga di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Sandiaga menyebut kasus yang menimpa A salah satu dampak sosial dari perkembangan media sosial. Dia berjanji akan membangun generasi muda yang positif melalui sistem pendidikan yang bersentuhan dengan dunia usaha.

"Sehingga masyarakat, khususnya anak-anak muda, mereka punya kegiatan-kegiatan yang positif, seperti kewirausahaan, ada kegiatan olahraga, itu bisa lebih positif disalurkan. Tentunya saling mem-bully dan itu sama sekali tidak sehat, dan bersama Prabowo-Sandi kita akan tegas hadirkan sistem pendidikan yang lebih memberikan kepastian agar kita tegas menolak isu-isu seperti bullying tersebut," ujarnya.

Terkait kasus ini, Polresta Pontianak telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Mereka berinisial L, TPP, dan NNA. Mereka dijerat dengan Pasal 76C juncto Pasal 80 ayat 1 UU Perlindungan Anak tentang kekerasan terhadap anak.




Polisi menyatakan penetapan tersangka ini dilakukan setelah polisi menemukan bukti yang cukup serta kesesuaian keterangan antara saksi dan korban. Saat ini proses penyidikan masih berlangsung.

"Yang diperiksa ini tidak hanya korban, ibu korban, tapi juga semua anak-anak SMA yang ada di lokasi, diperiksa seluruhnya. Dari beberapa pengakuan saksi yang ada di sana sudah mengerucut pada tiga tersangka," jelas Kabid Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Donny Charles Go saat dihubungi, Rabu (10/4). (idn/nvl)