detikNews
Rabu 10 April 2019, 19:50 WIB

RI-AS Luncurkan Prangko Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Zakia Liland Fajriani - detikNews
RI-AS Luncurkan Prangko Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS Foto: Zakia Liland/detikcom
Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Indonesia bersama PT Pos Indonesia merilis prangko spesial dalam rangka merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Kemlu optimistis ke depan hubungan kedua negara akan makin erat dan saling menguntungkan.

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS ini digelar di Aula Kantin Diplomasi Lantai 2, Kantor Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019). Acara ini bertema 'Kemitraan Strategis untuk Kesejahteraan dalam Kemajemukan.'

Hadir di lokasi Wamenlu RI Abdurrahman M Fachir, Duta Besar AS untuk RI Joseph R Donovan Jr, Direktur Kurir dan Logistik PT Pos Barkah Hadimoeljono, para pejabat lainnya di Kemlu serta tamu undangan.

Suasana Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-ASSuasana Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS Foto: Zakia Liland/detikcom

Prangko peringatan ini menampilkan gambar spesies penyu belimbing yang bertelur di kawasan timur Indonesia dan hidup di perairan pantai barat AS. Ini disebut sebagai cerminan dari hubungan kemitraan kedua negara yang erat meski melintasi samudera. Prangko ini akan dicetak sebanyak 1.000 buah, dan salah satunya ditempatkan di Museum Perangko Indonesia.


Selain peluncuran prangko, di acara Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS ini juga diumumkan program bersama #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors. Program ini merupakan kolaborasi Kemlu RI dan Kemlu AS.

Program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors ini akan mengikutsertakan 10 muda-mudi berusia 18-25 tahun dari berbagai latar belakang budaya untuk belajar lebih dalam tentang hubungan bilateral Indonesia dan AS. Mereka akan berada di AS untuk kunjungan 3 minggu menjalin hubungan dan berbaur dengan pemuda-pemudi AS.

Program ini diharapkan akan memberi kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan pluralisme dan demokrasi, serta menyiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan yang akan memperkuat hubungan Indonesia dan AS.

Dalam sambutannya Wamenlu AM Fachir mengatakan, dirinya senang atas diluncurkannya prangko tersebut serta program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors. Dia optimistis hubungan RI dan AS ke depan akan makin kuat dan saling menguntungkan.

Wamenlu RI Abdurrahman M FachirWamenlu RI Abdurrahman M Fachir Foto: Zakia Liland/detikcom

"Saya optimistis bahwa hubungan kedua negara akan terus berkembang dan meluas dalam dialog-dialog konstruktif. Saya berharap menguatnya hubungan Indonesia dan AS tidak akan berhenti setelah perayaan ini tapi terus berlanjut di masa depan untuk kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat di kedua negara dan lebih dari itu bagi dunia," katanya.

Pernyataan senada juga disampaikan Donovan. Dia merasa bangga atas peluncuran prangko spesial tersebut serta program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors. Dia meyakini hubungan AS dan RI akan terus erat karena kemitraan dibangun berlandaskan kesamaan nilai-nilai demokrasi dan kepentingan bersama untuk masa depan yang lebih cerah.

Hubungan diplomatik RI-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949. Pihak Kemlu RI mengatakan, untuk memeriahkan peringatan ini, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan AS yang dilakukan kedua negara. Kegiatan di RI dan AS akan dilaksanakan di beberapa kota, bekerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan antar kedua negara, untuk lebih merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan fondasi kerja sama Rl-AS di masa mendatang.
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed