Alasan Founder KAHMIPreneur Gelar YES 2019 di Jakarta

Robi Setiawan - detikNews
Rabu, 10 Apr 2019 14:51 WIB
Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Jakarta dipilih menjadi kota terakhir untuk rangkaian Indonesia Young Entrepreneur Summit (YES) 2019. Bukan tanpa alasan, Jakarta punya alasan tersendiri sehingga digadang jadi puncak acara Indonesia YES 2019.

Menurut Founder KAHMIPreneur, Kamrussamad, setidaknya ada tiga potensi utama Jakarta. Tiga potensi ini di antaranya dari sisi wilayah, pariwisata, maupun potensi dari sisi sumber daya manusia (SDM).

"Di Jakarta ada industri pariwisata yang berbasis budaya, besar sekali potensinya. Yang kedua juga hospitality untuk menjadikan Jakarta sebagai city converence itu sangat besar. Yang ketiga juga ketersediaan sumber daya manusia dan infrastruktur yang sudah sangat baik," kata Kamrussamad kepada detikcom, Rabu (10/4/2019).

Tiga potensi tersebut dilihat dan dimanfaatkan dalam acara Jakarta YES 2019. Menurutnya potensi dapat dimaksimalkan agar kota Jakarta bisa dicontoh oleh daerah lainnya di Indonesia.


Selain itu, bagi Kamrussamad Jakarta juga merupakan epicentrup dari kebijakan nasional. Selain itu Jakarta juga adalah barometer dari kemajuan masyarakat Indonesia, yang membuat Jakarta jadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Ini berpotensi menjadi ikon untuk kota-kota lain di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Bagi yang belum tahu, Indonesia YES 2019 adalah acara yang digagas KAHMIPreneur. Kamrussamad menjelaskan latar belakang diselenggarakannya Indonesia YES 2019 adalah untuk menyiapkan generasi milenial, dalam rangka menjawab tantangan bonus demografi yang diprediksi terjadi pada 2030.

"Ini adalah kesempatan bagi kaum milenial mengambil alih ekonomi. Apalagi dengan ekonomi digital, e-commerce, ini adalah peluang yang sangat baik. Kita lihat setiap tahun peningkatan nilai transaksi di e-commerce ini sangat fantastis, dan ini adalah peluang yang sangat baik bagi kaum milenial Indonesia," katanya.

Untuk merangsang munculnya bibit-bibit baru wirausahawan muda, Jakarta YES 2019 akan menghadirkan tokoh wirausahawan sukses seperti Irwansyah, Shireen Sunkar, Teuku Wisnu, Ashanti, dan tentu saja Sandiaga Uno.

(prf/ega)