Banyak Sampah Teluk Jakarta, Bakamla Ingatkan Awak Kapal Setop Pencemaran

Fajar Pratama - detikNews
Rabu, 10 Apr 2019 13:02 WIB
Foto: Bakamla memberikan sosialisasi jangan buang sampah di Teluk Jakarta/Dok Bakamla
Jakarta - Bakamla meminta kepada para awak kapal yang sedang beraktivitas melaut agar tidak membuang limbah dan sampah ke laut. Masih cukup banyak sampah yang ada di teluk Jakarta.

Imbauan itu disampaikan Plt Kasi Komunikasi, elektronika dan persandian Ditopsla Bakamla RI Letkol Bakamla Suyitno menyerukan kepada para awak kapal yang sedang beraktifitas melaut agar tidak membuang limbah dan sampah ke laut. Imbauan ini disampaikan oleh Komandan Tim Patroli Laut Bakamla RI saat sedang menggelar operasi keamanan dan keselamatan laut di wilayah Kepulauan Seribu, Selasa petang (09/04/2019).

Suyitno menyampaikan hal tersebut, terkait masih terjadinya pencemaran di wilayah perairan teluk Jakarta akibat limbah dan sampah yang diduga berasal dari muara sungai yang mengalir ke Teluk Jakarta serta masih adanya beberapa kapal yang membuang sampah ke laut.

"Dengan menggunakan sebuah kapal Catamaran, Tim patroli Bakamla RI menghampiri satu persatu kapal-kapal yang sedang beraktifitas melaut di perairan Kepulauan Seribu dan menyampaikan himbauan tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan khususnya wilayah perairan laut agar tetap terjaganya ekosistem laut terutama ikan dan sejenisnya," kata Suyitno.

Saat berinteraksi dengan para awak kapal ikan, Komandan TIm Patroli Laut Bakamla RI Letkol Bakamla Suyitno menyampaikan beberapa pesan antara lain, jaga keselamatan jaga keamanan.

"Kemudian sampah-sampah itu dikumpulkan di kapal kemudian dibuang di darat, jangan dibuang ke laut", ujar Letkol Bakamla Suyitno.

Banyak Sampah Teluk Jakarta, Bakamla Ingatkan Awak Kapal Setop PencemaranFoto: Bakamla memberikan sosialisasi jangan buang sampah di Teluk Jakarta/Dok Bakamla


Terkait pencemaran di Jakarta sekitar tahun 2015 lalu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pernah melakukan penelitian dan hasilnya menyebutkan pencemaran di wilayah Teluk Jakarta akibat pencemaran air limbah domestik dan limbah industri sudah mencapai taraf yang cukup serius.

"Upaya penyelamatan lingkungan di wilayah perairan laut ini sejalan dengan tugas Bakamla RI yakni melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia, yang salah satu fungsinya yaitu melaksanakan penjagaan, pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia," tutur Suyitno. (fjp/fjp)