DetikNews
Selasa 09 April 2019, 23:12 WIB

Menhub Minta Anak Muda Sumsel Ikut Berperan Bangun Bangsa

Mega Putra Ratya - detikNews
Menhub Minta Anak Muda Sumsel Ikut Berperan Bangun Bangsa Foto: dok. Kemenhub
Jakarta - Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik pelantikan pengurus Karang Taruna Muara Enim, Sumatera Selatan. Budi Karya berharap anak-anak muda turut serta membangun bangsa.

"Karang Taruna, anak muda tunas bangsa, harus bekerja kreatif, semangat. Karena peran-peran mereka sangat dibutuhkan oleh Indonesia," kata Budi Karya setelah menghadiri pelantikan pengurus Karang Taruna Muara Enim, Selasa (9/4/2019).


Budi berharap anak-anak muda ini menempa diri dan berbuat terbaik semaksimal mungkin. Terkait dengan rencana pembangunan jalan tol, Budi mengatakan ini akan sangat menguntungkan Muara Enim.

"Saya sebagai putra daerah sangat senang sekali, makanya saya mengajak Pak Basuki (Menteri PUPR) agar program ini segera dibangun," ujarnya.

Jika jalan tol ini dibangun, Muara Enim, kata Budi, akan sangat maju, mengingat jarak dari Palembang terpangkas 3 jam menjadi 1,5 jam perjalanan. "Ini akan menjadi suatu kota yang bisa berkembang pesat dan akan menjadi kota yang menjanjikan," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi juga menghibur anak-anak muda dengan main musik dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menyanyikan lagu Bento, Menhub mendapat tepuk tangan meriah dari Karang Taruna Muara Enim.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengaku bersyukur dengan dimulainya pencanangan pembangunan Jalan Tol Muara Enim - Simpang Indralaya dan Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau. Dia berharap masyarakat mau mendukung proses pembangunan tol ini dengan baik.

"Tidak pernah membayangkan ada ruas tol bahkan jadi pintu masuk di Muara Enim. Ini tentu dengan perjuangan. Dimana kesiapan pemda yang didukung wakil kita di DPR. Maka peristiwa menakjubkan siang hari ini patut disyukuri," ujarnya.

Diketahui pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini, giliran Palembang, Sumatera Selatan, yang menikmatinya. Sebab, pada hari ini Selasa (9/4), pencanangan pembangunan Jalan Tol Muara Enim - Simpang Indralaya dan Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau dimulai.


Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Jalan Tol Muara Enim - Simpang Indralaya dan Muara Enim - Lubuk Linggau. Untuk ground breaking itu sendiri belum ditentukan waktunya.

Adapun ruas Tol Muara Enim - Simpang Indralaya memiliki panjang 119 km dengan biaya investasi Rp 24,1 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun. Sementara itu, ruas Tol Muara Enim - Lubuk Linggau memiliki panjang 114,5 km dengan biaya investasi sebesar Rp 23,7 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.
(ega/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed