Kampanye di Kampung Halaman, Jokowi Naik Kereta Kuda Sapa Warga

Ray Jordan - detikNews
Selasa, 09 Apr 2019 16:42 WIB
Foto: Kampanye Jokowi di Solo (Ray Jordan/detikcom)
Solo - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) berkampanye di kampung halamannya yakni Kota Solo, Jawa Tengah. Jokowi mengawali kampanye dengan naik kereta kuda.

Jokowi tiba di titik awal arak-arakan yakni di depan Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019) pukul 15.50 WIB. Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang.

Kehadiran Jokowi membuat heboh. Pendukung meneriakkan nama Jokowi. Jokowi kemudian naik ke atas kereta kuda. Di kereta itu sudah tersedia kaus yang akan dia bagikan ke masyarakat.

Arak-arakan karnaval dimulai. Di depan kereta kuda yang ditumpangi Jokowi dan Iriana, terdapat ratusan penari yang memakai baju karnaval. Di kaki mereka terdapat kerincing, sehingga saat berjalan suara kerincing membuat ramai suasana karnaval.


Di belakang kereta Jokowi juga terdapat ratusan penari yang juga mengenakan kostum karnaval, diikuti oleh ribuan pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di belakangnya.

Sementara itu, di samping kiri dan kanan saat kereta melintas, ribuan warga memenuhi ruas Jalan Slamet Riyadi. Banyak yang mengenakan kaus bergambar Jokowi-Ma'ruf Amin dan bendera dukungan.

Dari atas kereta kencana itu, Jokowi membagi-bagikan baju kaus kepada warga. Jokowi juga tersenyum dan beberapa kali mengacungkan telunjuk ke udara.

"Jokowi! Jokowi!" teriak warga.


Tujuan akhir arak-arakan ini yakni Lapangan Stadion Sriwedari yang berjarak sekitar 300 meter dari Loji Gandrung. Tiba di depan stadion, Jokowi turun dari kereta dan berjalan kaki menuju panggung.

Puluhan ribu pendukung sudah memenuhi lapangan. Kehadiran Jokowi disambut meriah dan teriakan sambil diiringi alunan musik disko dangdut.

"Jokowi! Jokowi! Jokowi!" teriak pendukung.

Tiba di panggung, Jokowi mengacungkan dua telunjuknya ke udara. Dia juga menyapa pendukung yang ada di bawah panggung.


Turut hadir dalam kampanye ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, politikus PDIP Puan Maharani, Pramono Anung, Ganjar Pranowo dan FX Rudy. Hadir juga Yenny Wahid dan Ustaz Yusuf Mansur.

"Ayo kita berdoa kepada Allah SWT, mudah-mudahan presiden yang kita cintai ini menjadi presiden lagi. Mudah-mudahan Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Alfatihah," ucap Yusuf Mansur memimpin doa.


Simak Juga "Jogging di Bali Ketemu Pendukung Jokowi, Sandi Pose 1 Jari":

[Gambas:Video 20detik]

Kampanye di Kampung Halaman, Jokowi Naik Kereta Kuda Sapa Warga
(jor/gbr)